5 Perbedaan Hamil Anak Pertama dan Kedua

Gayuh Tri Pinjungwati22 Jan 2020, 09:15 WIB
ibu hamil

Fimela.com, Jakarta Bagi seorang perempuan, dapat mengandung buah hati merupakan sebuah anugrah terindah. Tidak semua momen saat mengandung itu sama antara perempuan satu dengan yang lainnya. Terlebih jika Mom, mengandung anak ke dua juga sangat berbeda ketika Mom mengandung anak pertama. Ketika mengandung anak kedua, pastikan keadaan fisik dan psikis dalam keadaan sehat.

Ketika Mom mengandung anak pertama, terlihat lebih cemas ketika membayangkan proses persalinan, karena baru pertama kalinya Mom mengandung. Namun saat mengandung anak kedua, mungkin akan lebih tenang, karena belajar dari pengalaman ketika mengandung anak pertama. Tapi Mom, sebenarnya proses mengandung anak pertama dengan anak kedua memiliki perbedaan, bahkan ketika mengandung anak kedua akan terasa lebih berat dari pada sebelumnya. Berikut ini beberapa kondisi ketika Mom mengandung anak kedua.

Merasa Lebih Lelah

Ketika mengandung anak kedua, kemungkinan besar akan mudah lelah. Pasalnya Mom juga harus memberikan perhatian dan mengurus anak pertama. Memberikan perhatian kepada si kecil, supaya ia tidak merasa kehilangan kasih sayang ketika ia mengetahui bahwa akan segera memiliki seorang adik.

Perut Terlihat Lebih Besar

Perut terlihat lebih besar, di karenakan kantung rahim mengalami pengenduran ketika mengandung anak pertama. Terdapat kemungkinan kandungan kedua cenderung lebih besar daripada sebelumnya. Bahkan dikehamilan yang kedua ini bayi memiliki tubuh yang lebih besar daripada anak pertama.

 

 

Lebih Santai

kehamilan anak kedua
Ilustrasi/copyrightshutterstock/4Max

Mengandung anak pertama, merupakan pengalaman pertama Mom yang mungkin sangat menegangkan ketika membayangkan saat melahirkan buah hati, atau di sibukkan dengan mempersiapkan perlengkapan bayi. Ketika hamil anak kedua, Mom akan terasa lebih tenang dan santai karena mom dapat belajar dari pengalaman sebelumnya. Tak perlu mempersiapkan perlengkapan bayi yang terlalu banyak, karena Mom dapat menggunakan perlengkapan dari anak pertama, mungkin hanya beberapa yang perlu di perbarui.

Posisi Janin Berada di Bawah

Ketika mengandung anak pertama Mom mungkin merasakan bayi berada di posisi atas, dan akan turun seiring berkembangnya janin. Namun berbeda saat mom mengandung anak kedua yang cenderung berada di posisi bawah. Hal ini terjadi karena otot pada rahim mengendur dan tidak dapat menopang beban, sehingga posisi bayi berada di bawah.

Gerakan Bayi Lebih Cepat

Saat mengandung anak pertama mungkin mom dapat merasakan gerakannya ketika memasuki bulan ke 5-6. Namun berbeda dengan kehamilan anak kedua, Mom lebih cepat merasakan gerakan si kecil ketika memasukin bulan ke 4. Mengapa demikian? Karena Mom sudah mempunyai pengalaman saat mengandung anak pertama, dari pengalaman itu mom mengerti bagaimana gerakan bayi.

Meskipun memiliki pengalaman mengandung anak pertama, ada baiknya tetap memperhatikan kandungan ya Mom, jangan lupa untuk periksakan kandungan ke dokter secara runtin.

#GrowFearless With FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓