Tips Melatih Anak Agar Lebih Mandiri

Gayuh Tri Pinjungwati23 Jan 2020, 16:15 WIB
anak mandiri

Fimela.com, Jakarta Mendidik anak agar mandiri dapat di ajarkan sejak usia dini, selain itu juga dapat melatihnya untuk tampil percaya diri dan tidak bergantung dengan orang tua. Melatih agar anak mandiri juga merupakan bekal ketika si kecil memasuki usia dewasa. Mungkin sebagian orang tua mengalami kesusahan dalam mendidik anak agar menjadi mandiri.

Butuh waktu dan kesabar mendidik si kecil agar lebih mandiri, mungkin Mom mengalami kesulitan? Tenang saja, FIMELA akan memberikan tips untuk mendidik anak agar mandiri. Berikut ini tips yang dapat Mom coba dbersama si kecil.

Kenalkan Dengan Dunia Luar

Hal pertama yang dilakukan untuk melatihan anak menjadi mandiri yaitu dengan mengenalkan pada lingkungan luar. Si kecil dapat berbaur dengan lingkungan yang ada di sekitarnya, misalnya mengajak si kecil ke taman bermain, disana ia akan bertemu dengan anak seusianya. Tujuannya untuk melatih anak supaya percaya diri tidak malu saat bertemu dengan orang baru.

Beriklah Tugas untuk Si Kecil

Berikan ia tugas kecil seperti membereskan mainan dan merapikan tempat tidurnya. Dengan begitu anak memiliki tanggung jawab yang harus di selesaikan dan mengajarkan lebih mandiri. Atau dapat juga melatihnya dengan mencuci piring setelah si kecil makan, namun gunakan piring plastik yang aman untuknya.

Biarkan Anak Menentukan Pilihannya

Ketika anak diberikan tanggung jawab untuk menyelesaikan tugas, maka ia akan memiliki cara untuk menyelesaikan tugas tersebut. Cobalah untuk membiarkan anak menggunakan caranya sendiri dalam menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya. Apabila cara yang dilakukannya salah maka Mom dapat memberikan ia pengertian, memberikan arahan bagaimana cara menyelesaikan pekerjaanya dengan baik.

 

Jangan Selalu Membantu

Mengajarkan anak untuk mandiri
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Syda Productions

Usahakan untuk membiarkan anak melakukan aktivitasnya sendiri, misal seperti mandi, memakai baju dan memakai sepatu. Jika ia mengalami kesulitan jangan terburu untuk memberikan bantuan kepadanya, cobalah untuk memberikan kesempatan kepada si kecil untuk menyelesaikan masalahnya sendiri.

Berikan Apresiasi Atas Usahanya

Jika anak telah menyelesaikan sebuah tanggung jawab dengan baik, berikanlah apresiasi seperti memberikan pujian dan hadiah kecil. Dengan begitu anak akan semakin semangat dan lebih antusias melakukan sesuatu hal yang bertujuan mengajarkan anak lebih mandiri.

Selain dengan cara di atas Mom dapat menggunakan cara sendiri yang mungkin lebih unik dan menyesuaikan karakter anak. Namun tetap awasi si kecil ya Mom, jangan sampai terlena.

#GrowFearless With FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓