Sukses

Parenting

8 Minuman Terbaik Ini Perlu Dikonsumsi Ibu Hamil

Fimela.com, Jakarta Ketika hamil, ada banyak perubahan yang harus dilakukan setiap perempuan. Mulai dari aktivas harian, bagaimana menjaga kesehatan hingga mengatur pola makan. Jika soal makanan dan minuman, ada sekian minuman yang boleh dan tidak boleh diminum saat hamil. Ini sekian minuman yang baik dikonsumsi selama hamil.

1. Air putih

Sebelum hamil saja setiap orang sudah diwajibkan cukup minum air putih untuk menjaga ginjal dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Selama hamil, peran air putih lebih penting lagi. Bukan hanya mencegah dehidrasi, tapi juga mengisi kebutuhan air ketuban di dalam kandungan yang melindungi janin. Banyak minum air putih juga mampu mencegah wasir selama hamil, konstipasi dan kram otot.

2. Kelapa muda

Air kelapa muda punya banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh apalagi selama hamil. Tingginya kandungan vitamin dan mineral dalam air kelapa muda akan mudah diserap tubuh dan disalurkan ke bayi dalam kandungan dan seluruh tubuh ibu. Kandungan elektrolit air kelapa muda mampu mencegah dehidrasi, kelelahan dan bahkan menjaga kekuatan kandungan.

3. Jus jeruk

Kebutuhan vitamin C yang dibutuhkan saat hamil bisa dua kali lipat dari sebelumnya. Selain menutrisi tubuh, jus jeruk yang asam manis mampu meringankan morning sickness atau mual dan susah makan di awal kehamilan. Pastikan memeras jeruk dengan air matang dan diperas sendiri di rumah agar terjaga kualitasnya.

4. Susu dan yogurt

Kandungan protein, kalsium dan lemak sehat di dalam susu sangat lengkap memenuhi gizi janin dan kebutuhan harian ibu. Kalsium sangat dibutuhkan ibu untuk mempertahankan kepadatan tulang selama hamil karena cenderung akan diserap bayi untuk membentuk tulang. Pastikan susu dan yogurt tersebut matang, karena ibu hamil tidak boleh makan atau minum segala sesuatu yang mentah.

5. Jus buah atau smoothies

Alternatif sehat dan kaya gizi lainnya adalah smoothies buah yang bisa dicampur dengan oatmeal dan berbagai macam buah segar. Untuk ibu hamil yang susah makan, smoothies yang segar bisa jadi menu pengganti nasi yang mengenyangkan. Bisa mengombinasikan buah apa pun yang disuka.

6. Jahe hangat

Rasa jahe yang kuat dan aromanya yang segar dan hangat mampu mengurangi mual di pagi hari dan melegakan tenggorokan. Sifat antiinflamasi, antibakteri dan antivirus pada jahe sangat baik menjaga kekebalan tubuh ibu dan membantu menjaga kekebalan tubuh dari penyakit, atau membantu mempercepat kesembuhan penyakit.

7. Minuman mengandung elektrolit

Minuman yang masuk dalam kategori sport drinks ternyata aman dikonsumsi ibu hamil karena menurut ahli, minuman berelektrolit membantu mencegah dehidrasi dan kram otot saat hamil besar. Jika bumil mau olahraga, minum sport drink juga sangat bermanfaat menjaga agar tidak terlalu kelelahan.

8. Es teh

Ketika cuaca sedang sangat panas, minum es teh akan membantu mengurangi suhu tubuh sekaligus membuat ibu hamil lebih rileks. Namun jaga porsinya, cukup satu gelas per hari agar tidak terlalu banyak konsumsi kafein.

Itu dia sekian minuman terbaik yang bisa dikonsumsi selama hamil. Selalu pastikan ada di rumah untuk memenuhi gizi dan menjaga kesehatan ya Moms.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading