Seberapa Banyak Sebaiknya Minum Air Putih selama Hamil?

Febi Anindya Kirana29 Jan 2020, 10:15 WIB
perempuan minum air putih

Fimela.com, Jakarta Bukan hanya pola makan saja yang perlu dijaga, asupan minuman yang sehat dan baik juga perlu diperhatikan, salah satunya adalah kebutuhan harian minum air putih. Saat tidak hamil saja setiap orang disarankan minum paling tidak 8 gelas air putih setiap harinya, apalagi saat hamil di mana kebutuhan air putih justru bukan hanya untuk satu orang.

Dikarenakan sebagian besar komposisi tubuh terdiri dari air, dan kekurangan air atau cairan di dalam tubuh akan sangat mengganggu kinerja optimal organ dan kesehatan tubuh, perempuan hamil perlu mengetahui pentingnya mengonsumsi cukup air putih setiap harinya.

Berapa banyak minum air putih?

Ilustrasi/copyrightsuhtterstock/https://www.shutterstock.com/image-photo/close-view-young-woman-drinking-pure-1453304402
minum air putih

Meskipun kebutuhan harian setiap perempuan bisa berbeda karena faktor tinggi dan ukuran badan serta aktivitasnya, secara umum ibu hamil membutuhkan 8-10 gelas air putih per harinya dengan per gelasnya sebanyak 200-235 ml.

Perlu pembiasaan untuk bisa minum air putih lebih banyak apalagi ketika belum terbiasa sebelum hamil. Disarankan minum satu gelas setelah bangun tidur, sebelum makan dan setiap kali merasa lelah dan haus.

Air putih sangat penting bukan hanya mencegah dehidrasi, tapi juga mencegah kram otot, konstipasi dan wasir. Jadi, mulai minum banyak air putih selama hamil ya Moms.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓