Ini Sekian Alasan Pentingnya Cukup Minum Air Putih selama Hamil

Febi Anindya Kirana30 Jan 2020, 10:15 WIB
Ilustrasi minum air putih

Fimela.com, Jakarta Masa kehamilan sepertinya menjadi masa yang unik sekaligus banyak mengubah kebiasaan sehari-hari, termasuk kebiasaanmu minum air putih. Bukan hanya harus makan makanan sehat, saat hamil perempuan juga perlu menjaga asupan air putih yang cukup.

Air putih dibutuhkan karena memiliki peran penting dalam kesehatan tubuh ibu hamil dan janin. Ini dia sekian alasan pentinganya minum air putih selama hamil.

1. Menyalurkan nutrisi ke janin dan seluruh tubuh lebih baik

Air seperti alat transportasi di dalam tubuh karena bertugas menyalurkan sari makanan, nutrisi berupa vitamin dan mineral, hormon serta asupan oksigen ke seluruh bagian tubuh dan ke janin. Ketika kurang air, darah akan mengental dan memperlambat penyaluran nutrisi ini.

2. Mencegah dehidrasi

Air juga berfungsi sebagai bahan bakar alami untuk metabolisme tubuh, salah satunya adalah mencegah dehidrasi agar fungsi tubuh optimal. Ketika kekurangan air putih, tubuh akan mudah lelah, cepat marah, pusing, otot kram, berhalusinasi bahkan pingsan.

3. Menjaga tubuh tidak kepanasan

air putih
Photo by Pixabay

Air putih membantu menjaga suhu tubuh normal ibu hamil karena ibu hamil mudah sekali mengalami kepanasan. Cukup minum air putih akan membantunya merasa tenang, santai dan dingin.

4. Mencegah konstipasi

Ketika sudah makan tapi tak dicukupi minum air putih, maka sistem pencernaan akan terhambat. Karena air dibutuhkan semua bagian tubuh, sistem pencernaan akan diabaikan sehingga sisa makanan yang seharusnya bisa dibuang dengan mudah akan ditahan karena tak ada air yang mendorongnya keluar. Inilah yang kemudian menimbulkan masalah susah buang air besar.

5. Mencegah wasir

Ketika susah buang air besar, masalah berikutnya yang mengancam adalah wasir. Karena tekanan yang dihasilkan rahim yang semakin membesar dan menghimpit bagian pembuangan, ditambah kurangnya asupan air yang menyebabkan sulit buang air besar, ibu hamil lebih rentan mengalami wasir.

Itulah mengapa sebaiknya perempuan hamil tidak mengabaikan kebutuhan asupan air putih selama hamil jika tak ingin mengalami masalah kesehatan selama hamil.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓