Cara mengenalkan dan Mengajarkan Anak Tentang Uang

Nabila Mecadinisa14 Feb 2020, 07:30 WIB
Ilustrasi Anak

Fimela.com, Jakarta Uang bukanlah hal tabu untuk dibicarakan sejak dini. Tapi, ada cara tertentu untuk mengenalkan uang pada anak. Setiap umur tentu memiliki metode tertentu untuk mengajarkan dan menerangkan cara mengelola uang yang baik dan mudah. Langkah ini harus dilakukan sejak dini, sehingga di kemudian hari anak bisa lebih bertanggung jawab terhadap uang yang dimilikinya dan tahu bagaimana cara mengelolanya.

Seperti yang dilansir dari Parents.com, simak langkah-langkah memperkenalkan uang kepada anak yang bisa dimulai sejak usia dini. Penasaran bagaimana? Simak cara selengkapnya berikut ini.

Usia 2 dan 3 tahun

Anak usia 2 dan 3 tahun tentu tergolong sangat muda untuk mengenal tentang uang. Tapi, inilah saatnya untuk memperkenalkan nila mata uang kepada anak. Mulaialah dengan mengajarkan nilai mata uang mulai dari koin dan perlahan ke uang kertas dengan nilai yang lebih besar.

Agar sang anak mudah memahamnya, ubahlah metode menjadi game edukasi yang seru dan menantang. Gambarlah beberapa koin disertai nilai, lalu ajak sang anak untuk mencari mana yang sesuai dengan koin asli. Cara ini juga bisa membantu fokus si kecil terhadap bentuk benda.

Usia 4 dan 5 tahun

Si kecil suka ikut berbelanja ke supermarket, ajaklah anak untuk ikut berkontribusi. Misalkan, membantu ibu dalam memilih produk yang dibutuhkan. Ajarkan ia untuk cermat memilih produk dengan mulai memperhatikan harga. Mulailah dengan memlih produk yang mudah. Dengan cara ini, si kecil mulai mengerti tentang nilai uang dan memilih produk dengan cermat. 

Cara mengajarkan anak tentang uang

Ilustrasi Anak
Ajari anak tentang uang sejak dini untuk lebih bijak mengelola uang di usia dewasa nanti. (Foto: Unsplash)

Usia 6 dan 8 tahun

Usia ini sudah terbilang cukup besar dan biasanya anak sudah mendapatkan uang jajan untuk sekolah. Bahkan mereka juga sudah mengerti nilai uang. Inilah saatnya mengajarkan sejak dini untuk menabung. Ajaklah si kecil untuk rajin menabung, mulai dari menabung dengan celengan tradisional yang bisa dilakukan di rumah, atau menabung dengan cara ke bank. Ajak si kecil untuk ke bank dan membuka tabungan. Cara ini akan memupuk kebiasaan baik dan menyisakan uang untuk ditabung sejak dini.

Usia 9 - 12 tahun

Usia ini sudah cukup dewsa dan bisa diberikan tanggung jawab lebih. Mulailah untuk mengajarkan comparison shopping, di mana tak hanya melihat harga mana yang lebih murahm tapi mana yang lebih ekonimis dari segi ukuran dan kualitas. Dengan cara ini, maka hingga usia dewasa dan hidup mandiri di kemudian hari si kecil kan lebih bijak dalam melakukan transaksi belanja apapun.

Usia 16 tahun ke atas

Di usia ini tentu seorang anak sudah harus bisa mengatur keuangannya sendiri. Latihlah mereka untuk bertanggung jawab pada pengeluarannya dengan memberikan uang jajan mingguan atau bulanan. Dari apa yang ia lakukan akan terlihat bagaimana anak mengelola keuangannya.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓