6 Jenis Makanan untuk Meningkatkan Produksi ASI

Gayuh Tri Pinjungwati13 Feb 2020, 13:15 WIB
asi

Fimela.com, Jakarta Memberikan ASI Ekslusif untuk buah hati memang harus dilakukan ketika bayi berusia 0-6 bulan. ASI sangat mendukung untuk tumbuh kembang si kecil. Namun tidak semua Mom dapat memberikan ASI Ekslusif kepada si kecil karena ASI yang dihasilkan sangat sedikit.

Besar kecilnya payudara tidak memengaruhi produksi ASI. ASI yang tidak lancar dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti, menjalani operasi caesar atau mungkin saluran susu yang tersumbat oleh gumpalan ASI.

Makanan ternyata dapat memengaruhi produksi ASI dan kandungan nutrisi pada ASI itu sendiri. Berikut ini beberapa makanan yang dapat meningkatkan produksi ASI bagi Mom yang menghasilkan sedikit ASI.

Mengonsumsi Kacang-Kacangan

Untuk memproduksi ASI supaya lembih lancar, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi kacang-kacangan. Kalsium dan protein pada kacang-kacangan dapat meningkatkan produksi ASI. Pilih kacang-kacangan seperti kacang merah, almond serta kacang kenari yang efekif menambah produksi ASI untuk si kecil.

Mengonsumsi Susu Sapi

Kandungan kalsium pada susu sapi dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Selain itu mengonsumsi susu sapi dapat menghindari bayi dari alegri susu sapi. Setidaknya konsumsi susu sapi 3x dalam seminggu.

Oatmeal

oatmeal
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Nadezhda Nesterova

Jika Mom menghasilkan sedikit ASI ada baiknya untuk mengonsumsi makanan oatmeal atau makanan mengandung gandum. Makanan ini tinggi akan serat yang membuat perut lebih kenyang dan terhindar dari anemia. Seorang perempuan menyusui mengalami anemia, akan berpengaruh pada produksi produksi ASI.

Mengonsumsi Bawang

Mengonsumsi bawang, baik bawang putih, merah atau bombai dapat memengaruhi rasa dari ASI. Jika si kecil menyusu pada Mom sesering mungkin, hal ini dapat membantu produksi ASI semakin banyak.

Mengonsumsi Daun Pepaya

Daun pepaya yang memiliki cita rasa pahir ini ternyata dapat membantu melancarkan produksi ASI. Daun pepaya dapat dimasak menjadi urap-urap, supaya tidak pahit perhatikan cara memasaknya.

Mengonsumsi Sayuran Hijau

Mengonsumsi sayuran hijau sangat dianjurkan bagi Mom yang menyusui. Selain menyehatkan sayuran hijau juga mengandung fitoestrogen yang membantu produksi ASI. Sayuran seperti bayam, daun katu, brokoli dan sayuran hijau lainnya dapat dikonsumsi setiap hari.

Selain faktor makanan, produksi ASI yang sedikit dapat dipengaruhi dari kondisi fisik. Usahakan untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan hindari stres berlebih supaya produksi ASI tetap lancar.

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓