6 Pilihan Finger Food yang Baik untuk Anak

Gayuh Tri Pinjungwati18 Feb 2020, 13:15 WIB
finger food

Fimela.com, Jakarta MPASI telah diberikan kepada bayi ketika memasuki usia 6 bulan. Si kecil akan diberikan asupan tambahan yang dibuat oleh Mom dengan bahan pilihan. Ketika anak mulai menginjak usia 8 bulan, sudah waktunya untuk memberikan asupan tambahan berupa finger food.

Finger food adalah makanan yang dapat dikonsumsi oleh si kecil dengan ukura yang pas segenggam tangannya. Untuk membuat finger food, juga perlu memerhatikan tingkat kelunakan yang pas untuk si kecil. Jika finger food memiliki tingkat kelunakan yang pas maka akan semakin mudah si kecil mengunyah dan dicerna oleh pencernaan dengan baik. Berikut ini beberapa jenis pilihan makanan yang dapat digunakan untuk membuat finger food.

Wortel

Jika ingin mengenalkan anak dengan finger food, tak ada salahnya untuk mencoba wortel sebagai camilan sehat. Wortel yang memiliki kandungan serat dapat membantu melancarkan pencernaan si kecil. Cara membuatnya cukup mudah sekali, kupas wortel, kemudian cuci hingga bersih dengan air bersih dan mengalir. Kemudian potong memanjang sesuai dengan genggaman si kecil. Kukus wotel selama 10-15 menit, pastikan wortel benar-benar lunak supaya mudah dicerna oleh si kecil.

Brokoli

brokoli
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Sayuran hijau ini memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh, baik anak-anak amupun orang dewasa. Brokoli yang mengandung kalsium dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi pada anak. Jika ingin membuat finger food untuk si kecil, brokoli dapat dikukus atau direbus. Hampir sama dengan wortel.

Pata

Bagi masyarakat diluar negeri, pasta sudah bayak digunakan untuk finger food untuk anak. Memang di Indonesia masih jarang yang menggunakan pasta sebagai finger food untuk si kecil. Namun tak ada salahnya untuk membuat finger food dari pasta, gunakan pasta fusili jika hendak memberikannya kepada si kecil.

Roti Bayi

finger food
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Mcimage

Selain sayuran dan buah, roti bayi juga dapat digunakan untuk finger food untuk si kecil. Banyak roti bayi yang beraneka rasa dijual di psaran, tentunya perhatikan kandungan nutrisi di dalamnya.

Apel

Jenis buah-buahan yang cocok dijadikan finger food untuk si kecil adalah apel. Kandungan vitamin A, C, E, Fosfor, manesium sangat diperlukan untuk si kecil. Rasanya manis dan mengandung banyak air dapat mencegah sembelit pada si kecil. Kupas apel dan potong kecil-kecil sesuai genggaman si kecil. Selain apael buah-buahan lainnya juga dapat digunakan untuk finger food seperti mangga, pir, bit, pisang, dan lainnya. Hindari buah-buhan yang mengandung biji-bijian, karena untuk menghindari resiko tersedak pada bayi.

Keju

Keju merupakanan makanan yang terbuat dari susu sapi. Tentunya banyak sekali kandungan kalsium di dalamnya. Keju dapat dijadikan finger food untuk si kecil, terlebih untuk si kecil yang akan muncul gigi natal.

Memang sangat mudah membuat finger food untuk si kecil. Namun sebelum membuatnya perhatikan dulu kondisi makanan yang hendak dimakan oleh si kecil, bila perlu Mom harus mencobanya terlebih dahulu. Jangan asal memberikan finger food pada si kecil, terlebih bila ia memiliki alergi pada makanan tertentu.

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓