Ayah dan Ibu Sama-Sama Bekerja, Apa Dampak Positifnya terhadap Anak?

Endah Wijayanti18 Feb 2020, 14:26 WIB
orangtua sama-sama bekerja

Fimela.com, Jakarta Saat ayah dan ibu sama-sama bekerja, waktu yang dihabiskan bersama anak mungkin akan berkurang. Memang tidak mudah untuk menyeimbangkan dan membagi waktu untuk berbagai urusan. Butuh kompromi dan komitmen yang kuat antara ibu dan ayah dalam menjaga kehangatan keluarga bersama.

Melansir wowparenting.com, anak-anak dari kedua orangtua yang bekerja bisa mandiri sejak dini. Karena mengetahui kedua orangtuanya sibuk bekerja, anak pun belajar cara untuk mengambil berbagai macam keputusan sendiri. Orangtua pun bisa jadi panutan yang baik bagi anak.

Anak Belajar Peran dan Tanggung Jawab yang Lebih Luas

Anak perempuan bisa mulai memikirkan pilihan dalam hidupnya yang lebih luas. Mereka bisa menjadikan sosok ibunya sebagai panutan dalam memilih kariernya kelak. Anak laki-laki pun bisa belajar bahwa urusan domestik atau rumah tangga tak hanya tugas seorang ibu saja. Mereka bisa belajar untuk berbagi peran. Kelak ketika sudah berumah tangga, anak-anak bisa belajar kompromi dan berbagi peran dengan lebih mudah.

 

Anak Belajar untuk Lebih Menghargai Waktu

ibu rumah tangga bekerja
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Makistock

Karena ayah dan ibu sama-sama punya kesibukan kerja, maka waktu yang ada untuk mendampingi anak mungkin akan berkurang. Walau tidak mudah, tapi dengan waktu yang sedikit itu kehangatan dan keakraban bersama anak perlu dibangun dengan baik. Di sini, anak bisa lebih menghargai waktu dan kebersamaan yang ada.

Anak Belajar Lebih Mandiri

Memang tidak mudah ketika pada saat-saat tertentu anak melakukan segala sesuatunya sendirian ketika ayah dan ibunya sibuk bekerja. Namun, dari sini anak akan belajar untuk lebih mandiri. Belajar untuk memanfaatkan kemampuannya dalam membuat berbagai pilihan dalam hidupnya.

Tentu saja mengupayakan keseimbangan hidup antara karier atau pekerjaan dan keluarga tidak mudah bagi orangtua. Setiap pilihan yang diambil untuk keluarga selalu dibarengi dengan konsekuensi tersendiri. Semoga keluarga yang kita bangun bisa senantiasa kita jaga dengan baik dan bahagia bersama.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓