Menghentikan Kebiasaan Anak Menggigit Kuku, Simak 4 Tipsnya

Endah Wijayanti19 Feb 2020, 08:15 WIB
anak menggigit kuku

Fimela.com, Jakarta Anak-anak menggigit kukunya karena berbagai alasan. Sebagian besar alasannya justru bukan hal yang disengaja, seperti kemampuan berbahasa yang masih kurang, penasaran ingin mencoba sesuatu yang baru dengan giginya, kecapekan, sedang tumbuh gigi, hingga karena sedang merasa sakit. Kita perlu lebih sabar dalam memahami hal tersebut sehingga bisa menggunakan cara yang lebih tepat dalam menghentikan kebiasaan anak menggigit kuku.

Melansir wowparenting.com, ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk menghentikan kebiasaan menggigit kuku pada anak. Berikut cara-cara yang bisa kita coba.

1. Alihkan Perhatian Anak dengan Buku atau Mainan

Kita bisa mengalihkan perhatian anak dari kebiasaan menggigit kuku. Beri buku atau mainan yang bisa membuat anak sibuk. Dengan kesibukan melakukan sebuah aktivitas, anak bisa dibuat lupa dengan keinginannya menggigit kuku.

2. Beri Perhatian yang Cukup pada Anak

Anak mungkin merasa kurang diperhatikan sehingga ia mengalihkannya ke kebiasaan menggigit kuku. Beri perhatian yang cukup pada anak agar ia bisa lupa dengan kebiasaan menggigit kuku. Apalagi bila anak baru mengalami sesuatu atau perubahan besar dalam hidupnya, kita perlu meluangkan lebih banyak waktu untuk mendampinginya.

3. Jelaskan dampak Negatif Menggigit Kuku

agar anak tidak manja
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Anak perlu diberi penjelasan kenapa kebiasaan menggigit kuku itu buruk. Misalnya, kemungkinan adanya kuman yang bisa masuk ke dalam tubuh dari kuku yang kotor. Jelaskan bahwa kesehatan tubuh anak sangatlah penting untuk dijaga. Ketika anak memahami konsekuensinya, anak bisa lebih mudah diarahkan untuk menghentikan kebiasaannya menggigit kuku.

4. Bantu Anak Menemukan Cara Lain untuk Atasi Rasa Gelisahnya

Salah satu penyebab kebiasaan anak menggigit kuku adalah karena merasa stres atau tertekan. Menggigit kuku dijadikan cara untuk menyalurkan rasa frustrasinya. Jika hal ini yang terjadi, kita perlu membantu anak menemuakn cara lain untuk mengatasi rasa gelisahnya. Arahkan anak untuk melakukan hal lain dalam menyalurkan rasa kesalnya, misalnya dengan memeluk boneka atau meminta pelukan dari kita.

Orangtua memang perlu bersabar dalam menghentikan kebiasaan anak menggigit kuku. Perlu proses yang kadang tidak mudah. Tapi demi kebaikan anak, kita memang perlu berperan aktif mengarahkan anak untuk meninggalkan kebiasaan buruk seperti kebiasaan menggigit kuku.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓