Tips Memilih Pertengkaran yang Adil dengan Anak

Annissa Wulan24 Feb 2020, 15:30 WIB
anak

Fimela.com, Jakarta Pertengkaran dengan anak tidak dapat dipungkiri ketika kamu menjadi sosok orangtua yang mengasuh mereka, benar? Bagaimanapun, pembangkangan menjadi hal normal yang dilakukan oleh anak.

Bukan rahasia lagi jika berdebat dengan anak adalah satu hal yang cukup sulit dilakukan, terutama jika anakmu masih berusia di bawah 10 tahun. Namun, jangan khawatir, dilansir dari purewow.com, Senin (24/2/2020), berikut ini adalah tips memilih pertengkaran yang adil dengan anak. Penasaran?

1. Biarkan anak menang: Tidak memakai jaket

Walaupun suhu di luar ruangan sedang dingin dan bisa menimbulkan masalah kesehatan bagi anak, biarkan mereka berlarian dengan aktif dan merasa baik-baik saja. Atau setidaknya beri anak pilihan jaket yang lebih tipis dan ringan.

2. Biarkan anak menang: Tidur dengan dot

Dot adalah kenyamanan bagi anak. Sebagai orangtua, kamu mungkin berpikir harus bisa membuat anak lepas dari dot setelah usia di atas 3 tahun, benar? Sebenarnya, usia anak harus mulai lepas dari dot adalah 6 tahun, ketika mereka mulai kehilangan gigi bayi.

3. Biarkan anak menang: Pilihan busana

Biarkan anak mengenakan apapun yang mereka inginkan. Ini adalah cara untuk membangun kemandirian anak ketika mereka masih sangat muda. Anak akan merasa memiliki kontrol atas tubuh mereka sendiri.

4. Biarkan anak menang: Menolak makanan tertentu

Selama anak mendapatkan makanan yang bervariasi dan tumbuh sesuai dengan perkembangan, mereka telah mendapatkan nutrisi yang cukup. Anak tidak membutuhkan makanan sebanyak yang dibayangkan oleh orang dewasa.

5. Biarkan anak menang: Mengerjakan PR dengan cara mereka sendiri

Beberapa anak akan langsung mengerjakan PR setelah mereka pulang dari sekolah, beberapa lainnya memilih untuk mengerjakan hal lain terlebih dahulu, dan ini tidak masalah. Selama hal tersebut adalah untuk membantu anak fokus dan berkembang, biarkan mereka melakukannya dengan cara mereka.

 

Beberapa pertengkaran di mana kamu sebagai orangtua harus menang

Ibu dan Anak
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

1. Menangkan ini: Membiasakan anak menyikat gigi mereka dua kali sehari

Menyikat gigi secara teratur adalah kunci untuk mencegah gigi berlubang. Idealnya, menyikat gigi harus dilakukan setiap setelah makan, namun dua kali sehari sudah cukup.

2. Menangkan ini: Tidur lebih awal

Menurut Sleep Foundation, waktu tidur optimal untuk anak usia sekolah adalah antara 7 sampai 8 jam setiap malam. Sedangkan untuk anak pra sekolah usia 3 sampai 5 tahun adalah antara 10 sampai 13 jam setiap malam. Menjaga waktu tidur anak dapat meningkatkan regulasi emosional dan mengurangi perilaku impulsif mereka.

3. Menangkan ini: Memiliki zona tanpa ponsel

Seperti meja makan, mobil, kamar tidur, kamar mandi, dan area tertentu di dalam rumah. Aturan ini akan mengoptimalkan kesehatan menta dan kesejahteraan fisik anak.

4. Menangkan ini: Membuat anak melakukan tugas mereka

Contohnya adalah membiarkan mereka memasang kaus kaki sendiri, bukan melemparkannya kemanapun setelah selesai memakainya. Ini adalah cara untuk mempromosikan kemandirian, empati, dan harga diri pada anak. Selamat mencoba!

Saksikan video menarik setelah ini

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓