Mengonsumsi Buah Kering selama Kehamilan, Ini 3 Manfaatnya

Endah Wijayanti02 Mar 2020, 14:10 WIB
ibu hamil konsumsi buah kering

ringkasan

  • Memenuhi Kebutuhan Serat
  • Sebagai Suplemen Zat Besi
  • Memenuhi Kebutuhan Vitamin dan Mineral Tubuh
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Selama kehamilan, memenuhi kebutuhan nutrisi sangatlah penting. Tak hanya untuk nutrisi diri sendiri, melainkan pada bayi dalam kandungan. Memastikan semua yang dikonsumsi baik selama kehamilan khususnya pada trimester pertama adalah hal penting yang perlu dipenuhi.

Buah-buahan kering bisa dikonsumsi selama kehamilan. Melansir 3 Health Benefits Of Dry Fruits During Pregnancy via momjunction.com, buah-buahan kering kaya akan mineral dan vitamin yang dapat membantu proses tumbuh kembang bayi dalam kandungan. Berikut tiga manfaat terbaik dari mengonsumsi buah-buahan kering selama kehamilan.

1. Memenuhi Kebutuhan Serat

Makanan berserat sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Perubahan hormon selama kehamilan bisa menyebabkan konstipasi pada ibu hamil. Mengonsumsi buah-buahan kering dapat dilakukan untuk mencegah atau bahkan mengatasi masalah sulit buang air besar pada ibu hamil. 

2. Sebagai Suplemen Zat Besi

Selama kehamilan, tubuh membutuhkan sekitar 27 mg zat besi setiap hari untuk memastikan perkembangan darah yang baik pada janin. Suplemen zat besi juga dapat menurunkan risiko kelahiran prematur. Buah-buahan kering kaya akan zat besi yang dapat membantu kita mendapatkan zat besi yang kita butuhkan. Kurma dan buah tin kering dapat dikonsumsi tiap hari untuk bantu memenuhi kebutuhan zat besi harian. 

3. Memenuhi Kebutuhan Vitamin dan Mineral Tubuh

ikan asin ibu hamil
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Ada banyak mineral dan vitamin esensial yang terkandung dalam buah-buahan kering. Buah-buahan kering seperti kurma kaya akan magnesium yang dapat membantu perkembangan saraf, tulang, dan membantu fungsi normal tubuh bayi. Kandungan kalium pada buah-buahana kering juga dapat meningkatkan fungsi otot-otot tubuh. Buah-buahan kering juga mengandung vitamin C yang dapat berfungsi sebagai antioksidan dan mencegah kerusakan jaringan tubuh. Selain itu, dapat membantu membangun sistem tubuh yang sehat dan membantu proses penyerapan zat besi dengan baik. Buah aprikot kering yang kaya akan vitamin A juga dapat membantu perkembangan gigi dan tulang pada bayi.

Kandungan gula alami pada buah-buahan kering juga memudahkan kita untuk mencernanya dengan baik. Kita bisa mengonsumsi buah-buahan kering secara rutin setiap hari. Tentunya imbangi juga dengan makanan sehat lainnya yang mengandung gizi seimbang.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓