Tips Membuat Anak Tak Bosan selama Belajar di Rumah Karena Virus Corona

Febi Anindya Kirana18 Mar 2020, 16:45 WIB
anak belajar di rumah

Fimela.com, Jakarta Dikarenakan virus corona yang semakin mengkhawatirkan, anak sekolah pada akhirnya diminta belajar di rumah untuk sementra waktu. Kondisi ini tentu menimbulkan banyak pikiran bagi orangtua, salah satunya adalah bagaimana cara membuat anak tidak bosan selama belajar di rumah.

Jika kebetulan Sahabat Fimela adalah ibu pekerja yang bisa bekerja dari rumah atau sementara work from home karena anjuran kantor, ini yang bisa dilakukan agar anak tak bosan belajar di rumah.

1. Games

Menyiapkan permainan merupakan salah satu cara efektif membuat anak tetap aktif dan mau belajar selama berada di rumah, apalagi untuk anak usia dini tahun yang baru masuk sekolah.

Menurut banyak ahli parenting, menyiapkan games sederhana yang bisa mengasah kemampuan kognitifnya sama halnya belajar di sekolah. Misalnya menebak warna, nama hewan, nama ibu kota negara dan lain sebagainya. Ada banyak permainan edukatif yang bisa diterapkan di rumah.

2. Beri tugas

sekolah paud
ilustrasi anak bermain/Photo by Tanaphong Toochinda on Unsplash

Tidak berangkat sekolah bukan berarti tidak belajar, jadi pastikan anak tetap melatih diri dengan banyak belajar. Salah satu cara agar anak mau belajar adalah memberinya tugas khusus. Berperanlah sebagai guru kelasnya untuk sementara.

Misalnya membaca materi dari halaman sekian hingga sekian. Beri waktu 30 menit misalnya, kemudian minta anak menjelaskan apa yang sudah ia baca. Apakah ada yang ingin ia tanyakan tentang materi yang ia baca.

Setelah itu, minta anak mengerjakan soal di buku pelajarannya. Atau Moms bisa mencarikan soal-soal terkait materi pelajaran yang ia pelajari saat ini di internet dan meminta anak menyelesaikannya, untuk kemudian dikoreksi dan dinilai. Jangan lupa memberi jeda istirahat agar anak tidak merasa tertekan.

Ada banyak cara membuat anak-anak merasa nyaman belajar di rumah Moms, pastikan dulu melakukan dua hal di atas.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓