5 Cara Meningkatkan Imunitas Anak yang Bisa Dimulai dari Rumah

Endah Wijayanti20 Mar 2020, 12:46 WIB
Ilustrasi/copyrightshutterstock/ucchie79

ringkasan

  • Batasi Konsumsi Makanan Berpemanis dan Berpengawet
  • Konsumsi Suplemen Probiotik Bila Perlu
  • Bantu Redakan Stres Anak
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Anak-anak dengan imunitas rendah sangat rentan terkena penyakit. Rentan pula tertular penyakit seperti batuk, pilek, dan flu. Terlebih ketika cuaca tidak menentu, imunitas anak yang rendah bisa membuat kondisi kesehatannya terus memburuk.

Lalu bagaimana cara meningkatkan imunitas anak? Ada berbagai macam cara yang bisa kita coba. Melansir mindbodygreen.com, ada lima cara sederhana yang bisa kita mulai dari rumah untuk bantu meningkatkan imunitas anak. Selengkapnya, langsung simak uraiannya berikut ini.

1. Batasi Konsumsi Makanan Berpemanis dan Berpengawet

Sistem kekebalan anak bisa menurun jika tak ditunjang oleh makanan sehat. Langkah pertama yang bisa kita lakukan untuk menjaga pola makan sehat anak adalah dengan membatasi makanan berpemanis dan berpengawet. Konsumsi gula berlebihan bisa menyebabkan inflamasi pada anak. Lebih baik fokus pada memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi anak, bisa dimulai dengan menyajikan sayuran segar, buah-buahan, kacang-kacangan, dan makanan berprotein.

2. Konsumsi Suplemen Probiotik Bila Perlu

Microbiome adalah segerombolan mikroorganisme hidup yang sebagian besar merupakan bakteri. Tugasnya adalah melindungi saluran pencernaan, membantu kita mencerna makanan, dan melindungi kita dari serangan bakteri dan virus. Menjaga kesehatan microbiome menjadi salah satu cara efektif untuk melindungi anak dari infeksi. Bila perlu kita bisa memberikan suplemen probiotik pada anak, tapi tentu saja ada baiknya berkonsultasi dulu ke dokter atau praktisi sebelum memberikan suplemen ini.

 

3. Bantu Redakan Stres Anak

Anak Sehat
Ilustrasi./copyright shutterstock By ucchie79

Tubuh anak-anak punya respons stres yang sama dengan tubuh orang dewasa, yaitu kadar kortisol dan adrenalinnya bertambah. Anak-anak yang stres, imunitasnya akan menurun. Untuk itu, kita perlu membantu anak meredakan stresnya. Setidaknya kita bisa bantu anak mengatur jadwalnya. Selain belajar, ajak anak untuk bisa bermain dan mendapat istirahat cukup di rumah.

4. Buat Jadwal Tidur yang Cukup

Sebuah kajian penelitian yang dipublikasikan di Physiological Reviews menyebutkan bahwa tidur dan imunitas sangat berkaitan satu sama lain. Kualitas tidur yang baik sangat diperlukan bagi anak agar kekebalan tubuhnya terjaga. Agar produksi melatonin atau hormon tidur bisa berlangsung dengan baik, anak-anak perlu tidur di ruangan yang gelap. Matikan gawai dan ragam perangkat elektronik lainnya jelang jadwal tidur.

5. Penuhi Kebutuhan Zinc dan Vitamin D Anak

Zinc adalah mineral yang berperan penting dalam pertumbuhan, perkembangan, serta untuk menjaga kesehatan jaringan tubuh. Zinc banyak terdapat pada daging sapi, daging ayam, dan kacang-kacangan. Penuhi setidaknya kebutuhan zinc dan vitamin D pada anak. Meski tak bisa keluar rumah, coba usahakan ada sinar matahari yang cukup yang bisa didapat anak di dalam rumah untuk memaksimalkan upaya pemenuhan vitamin D pada tubuhnya. Ragam ikan dan jamur juga bisa dikonsumsi untuk bantu mencukupi kebutuhan vitamin D.

Upaya meningkatkan imunitas anak bisa dimulai dan dilakukan dari rumah. Semoga info di atas bermanfaat, ya.

 

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓