Cara Menjaga Kualitas Tidur Anak, Simak 5 Tipsnya

Endah Wijayanti28 Mar 2020, 11:16 WIB
anak tidur

ringkasan

  • Ciptakan Ritual sebelum Tidur
  • Temani Anak
  • Buat Jadwal Tidur Teratur
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Tidur adalah kebutuhan yang sangat penting bagi anak-anak. Tidur tak sekadar mengistirahatkan tubuh, melainkan juga membantu proses tumbuh kembang anak. Orangtua pun sebaiknya melakukan upaya terbaik untuk membantu menjaga kualitas tidur anak.

Dr. Sumit Bhargava, direktur Stanford Children's Health Sleep Center seperti yang dilansir dari stanfordchildrens.org mengungkapkan bahwa tidur sangat penting khususnya bagi anak yang sedang berkembang baik secara mental maupun fisik. Pada anak-anak, periode pelepasan hormon pertumbuhan paling aktif terjadi saat anak mulai memasukai fase tidur nyenyak. Untuk memastikan anak mendapat tidur yang berkualitas, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan.

1. Ciptakan Ritual sebelum Tidur

Buat aktivitas yang jadi penanda sudah waktunya tidur. Misalnya, ritual ganti baju tidur, gosok gigi, mendongeng, dan memadamkan lampu. Dengan urutan seperti itu, anak bisa menyiapkan dirinya untuk tidur. Sehingga anak bisa tidur dengan lebih rileks.

2. Temani Anak

Habiskan waktu beberapa menit bersama anak sebelum tidur. Apalagi kalau selama seharian kita sibuk bekerja, maka waktu pada malam hari sebelum tidur bisa jadi waktu yang berkualitas untuk dihabiskan bersama anak. Pada bayi, coba habiskan waktu 5-10 menit mendekap dan membaut kontak mata, bisa sambil menyanyikan lagu atau menyenandungkan kata-kata yang membuat si kecil tenang. Pada anak usia sekolah, kita bisa menanyakan beberapa hal terkait hari atau aktivitas yang dilakukannya seharian.

 

3. Buat Jadwal Tidur Teratur

anak tidur
Ilustrasi/copyrighthsutterstock/DONOT6_STUDIO

Mengikuti jadwal tidur yang tetap membantu anak merasa aman karena bisa mengondisikan anak untuk tidak merasa terpaksa untuk tidur. Bila jadwal tidur adalah pukul 21.00, maka setidaknya pukul 20.30 sudah harus siap-siap untuk tidur. Akhir pekan pun tetap perlu mengikuti jadwal tidur yang teratur supaya anak tak kesulitan untuk kembali beraktivitas atau bersekolah pada hari-hari selanjutnya.

4. Padamkan Lampu dan Matikan Gawai

Matikan ponsel dan semua gawai sebelum tidur. Padamkan juga lampu kamar tidur. Tidur dalam keadaan gelap dapat memaksimalan produksi hormon melatonin dan serotonin dalam tubuh. Setidaknya dua jam sebelum jadwal tidur, jauhkan anak dari gawai. Bantu anak untuk mempersiapkan dirinya istirahat.

5. Makan Malam yang Cukup

Melansir raisingchildren.net.au, lapar atau terlalu kenyang akan membuat anak tidak nyaman dan terjaga. Sehingga menyulutikan mereka untuk tidur. Maka dari itu, bantu sediakan makan malam yang cukup pada jadwal yang tak terlalu berdekatan dengan jam tidur agar anak merasa nyaman saat tidur.

Itu tadi lima tips sederhana yang bisa dicoba untuk menjaga kualitas tidur anak. Semoga informasinya bermanfaat.

 

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓