5 Tips Bantu Anak Belajar Flora dan Fauna di Rumah dengan Menyenangkan

Karla Farhana07 Apr 2020, 07:30 WIB
[Fimela] anak belajar di rumah

Fimela.com, Jakarta Di tengah pandemi COVID-19 atau virus Corona, sebagian sekolah diliburkan. Namun, ada juga yang menerapkan sistem belajar-mengajar dari rumah. 

Sahabat Fimela yang juga kini berada di rumah saja atau working from home (WFH) bisa membantu anak saat belajar menggunakan berbagai teknologi. Selain conference call dengan guru dan teman-teman sekelasnya, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi Google untuk membantu anak belajar. 

 

Seperti misalnya mempelajari flora dan fauna yang cukup penting untuk dimengerti anak-anak. Hanya lewat ponsel pintar, Sahabat Fimela bisa membantu anak-anak memahami keajaiban flora dan fauna. Jika orangtua masih bingung, berikut tips agar proses belajar mengajar tentang flora dan fauna menjadi lebih menyenangkan. 

Temui hewan Augmented Reality (AR) seukuran aslinya di Google Search

Google
Google | Google Indonesia

Kemu bisa menunjukkan berbagai hewan seperti beruang, hiu, dan 27 hewan lainnya. Namun, bukan hanya sekadar gambar 2 dimensi, tetapi juga ada 29 hewan seukuran aslinya yang bisa kamu tunjukkan kepada anak-anak. Kamu bisa menemukannya dengan pencarian sederhana di Google Search. 

Mendengar Suara Asli Hewan

Kamu dan buah hati juga bisa mengenai berbagai suara asli hewan lewat Google Search. Selain melihat perkiraan ukuran asli hewan, kamu bisa mencari "suara hewan" dengan cara yang begitu sederhana. 

Identifikasi tanaman atau hewan peliharaan dengan Google Lens

Belajar tak melulu harus berada di ruangan. Kamu bisa pergi ke kebun depan rumah, atau mengunjungi kandang hewan peliharaan. Kamu bisa mengidentifikasi jenis tanaman dan hewan peliharaan lewat Google Lens. 

Perkaya Pengetahuan tentang Fakta Hewan dan Tanaman

[Fimela] dunia bawah laut
dunia bawah laut | pexels.com/@w-w-299285

Untuk mencari tahu apa saja yang dimakan panda, atau berapa panjang seekor Python, kamu bisa mencari berbagai fakta seputar flora dan fauna lewat knowledge panel hewan di Google Search. 

Caranya, carilah hewan atau tumbuhan yang ingin kamu dan anakmu pelajari. Temukan kotak dengan detail menarik seperti nama ilmiah hewan, masa hidup, dan makanan yang hewat tersebut konsumsi. 

Selami Dunia Bawah Laut

Bukan hanya bisa mencari berbagai hewan dan tumbuhan di daratan, kamu juga bisa menyelami dunia bawah laut. Bertualanglah di bawah air Raja Ampat, Taman Nasional Bunaken, Bali, hingga pulau Komodo. Kamu bisa memanfaatkan Google Maps, untuk menjelajahi keindahan alam Indonesia yang menakjubkan. 

Dalam Google Maps, ada fitur Underwater Street View yang dibuat tim XL Catlin Seaview Survey yang menggunakan kamera panorama yang dipasang pada skuter bawah air, yang dikemudikan penyelam. 

Selamat belajar dan bersenang-senang, ya!

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓