6 Cara Agar Rumah Cukup Ramah Bagi Anak Selama Social Distancing

Vinsensia Dianawanti03 Apr 2020, 15:00 WIB
Anak Bermain

Fimela.com, Jakarta Kebijakan social distancing mengharuskan segala aktivitas dilakukan di rumah. Termasuk menjadikan rumah sebagai arena bermain bagi anak-anak.

Bagi banyak orang tua, memajang karya seni berkelas hingga ide dekorasi unik menjadi ide menarik untuk memberikan nuansa baru pada rumah. Namun apakah dekorasi tersebut cukup ramah bagi anak?

Sebelum melakukan dekorasi ulang pada rumah, orangtua harus memastikan bahwa semua perabotan dan dekorasi menjadi cukup ramah bagi anak. Seperti dilansir dari Hometalk pada Jumat (3/4/2020), orangtua bisa jadikan rumah lebih ramah anak dengan beberapa cara berikut ini

1. Mengatur ruang sebagai arena bermain

Sebisa mungkin orangtua menjadikan sebuah ruangan sebagai arena bermain untuk anak. Tambahan penyimpanan denganberbagai bentuk yang mudah dijangkau anak. Sehingga anak-anak juga lebih mudah menyimpan barang-barang mereka setelah selesai bermain.

2. Tambahkan penyimpanan ekstra untuk mainan pada meja dan kursi

Orangtua bisa menggunakan kursi dan meja yang memungkinkan anak-anak mengambil permainan dari bawah kursi dan dengan mudah menyimpannya saat sudah selesai. Karena kursi dan meja memiliki tempat penyimpanan sendiri, menjadikannya lebih hemar ruang dan bisa diletakkan di manapun.

3. Buat lemari yang mudah diorgansisir

Lemari built in terdengar bagus dan praktis, namun tidak bagi anak-anak. Daripada menggunakan lemari sendiri, lebih baik gunakan area di bawah pakaian gantung di dalam lemari menjadi set laci yang mudah diakses. Sehingga anak-anak bisa memilih sendiri pakaian favorit yang membuatnya percaya diri.

 

4. Mengatur kamar mandi yang lebih ramah anak

ibu dan anak
ilustrasi anak bermain/copyright By ANURAK PONGPATIMET (Shutterstock)

Orantua bisa mulai menurunkan kait handuk agar anak-anak bisa mudah mengaitkan handuk dan pakaian ganti mereka. Selain itu, dudukan toilet kecil untuk anak-anak bisa ditempatkan di kamar mandi untuk mengajarkan kebiasaan sanitasi yang baik pada anak.

5. Tambahan sudut baca untuk anak-anak

Memberikan tempat baca bagi anak akan mendorong latihan mental dan menjelajahi imajinasi mereka. Orangtua bisa menggunakan sudut manapun sebagai ruang untuk baca buku.

6. Tambahkan aktivitas bermain di luar rumah

Jika memiliki halaman yang cukup, orangtua bisa memanfaatkannya sebagai ruang bermain bagi anak. Orangtua juga bisa menyediakan kotak pasir kecil di luar ruangan untuk anak melakukan eksplorasi.

Simak video berikut ini

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓