Ajari Anak Mainkan Alat Musik Ini, untuk Tingkatkan Kecerdasannya

Anisha Saktian Putri05 Apr 2020, 09:00 WIB
Diperbarui 05 Apr 2020, 09:00 WIB
Alat musik untuk anak/Unsplash Arseny

Fimela.com, Jakarta Bukan hanya sekedar hobi, bermain alat musik ternyata dapat meningkatkan kecerdasaan anak. Hal ini dikarenakan dapat memengaruhi struktus fungsi otak, yang mengontrol pendengaran, memori, dan suara. Inilah yang membuat otak lebih aktif.

"Mempelajari alat musik memiliki banyak manfaat, seperti kecerdasaan intelektual, bahkan manfaatnya akan terasa sampai dewasa," ujat Psikolog Universitas of Zurich, Swiss, Lutz Janke, dilansir dari Telegraph.

Berikut sederat alat musik yang bisa diajarkan kepada anak-anak untuk meningkatkan kecerdasaannya.

1. Piano

Piano dapat membuat anak belajar displin dan memiliki perencanaan hidup yang baik. Tak hanya itu, anak akan lebih memperhatikan segala hal secara detail. Serta meningktakan performa akademis.

2. Gitar

Anak-anak bisa bermain gitar mulai dari usia 7 tahun. Manfaat bermain gitar ialah dapat melatih konsetrasi karena anak harus fokus memetik senar dan membaca not musik. Meningkatkan fungsi otak, membuat anak dapat berpikir positif, membuat anak tidak mudah rewel.

3. Biola

Biola/Unsplash Chuttersnap
Biola/Unsplash Chuttersnap

Meningkatkan kecerdasan emosional anak, memupuk rasa percaya diri, memiliki kepekaan sosial lebih baik dan melatih disiplin serta rasa sabar dari notasi-notasi lagu yang terdengar harmonis.

4. Drum

Drum, dapat membantu anak-anak untuk melakukan lebih baik dalam ejaan atau proyek sains mereka. Serta perkembangan "sosial-emosional", yang mencakup pengalaman, ekspresi, dan pengelolaan emosi anak, serta kemampuan untuk membangun hubungan yang positif dengan orang lain.

Kenalkan dunia musik kepada anak ketika baru lahir seperti mendengarkan aneka bunyi-bunyian. Di usia 3 tahun ke atas mulailah mengenalkannya dengan melodi, irama, serta beragam jenis alat musik yang sederhana.

Ketika anak berusia 6-9 tahun, barulah diberikan alat musik sungguhan dan mulai memberikan materi seni musik yang lebih spesifik sesuai dengan minatnya.

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓