4 Jenis Karakter Anak yang Tumbuh dari Keluarga Beracun

Gayuh Tri Pinjungwati10 Apr 2020, 16:15 WIB
anak

Fimela.com, Jakarta Sharon Wegscheider-Cruse, seorang terapis keluarga dan mantan ketua pendiri Asosiasi Nasional untuk anak-anak, menemukan bahwa anak-anak yang berasal dari keluarga yang tidak berfungsi belajar untuk mengambil peran tertentu untuk mengatasi perilaku beracun di rumah mereka. Peran yang dia sebutkan bukanlah cara untuk menempatkan label pada orang. Dinamika keluarga yang mencakup perilaku kompulsif lainnya, seperti judi atau lainnya, sikap yang terlalu ketat dan religius, dan pelecehan fisik, emosional atau seksual juga dapat memengaruhi anak-anak untuk mengambil peran yang sama. Berikut ini beberapa jenis akan dari keluarga beracun

Anak yang Bertanggung Jawab

Pahlawan atau yang bertanggung jawab sering kali bijaksana dan dewasa melebihi usia mereka. Mereka mandiri, perfeksionis dan terlalu berprestasi. Biasanya ambisius dan terus-menerus berusaha untuk menjadi lebih baik dan sukses, mereka sering tampak tenang dan sepertinya mereka memiliki semuanya. Namun, pada kenyataannya, mereka menderita secara diam-diam dan menanggung beban kesedihan dari perilaku beracun orang tuanya. 

Pembuat Masalah

Kambing hitam atau pembuat masalah sering marah dan defensive. Mereka mengatakan yang sebenarnya dengan menunjukkan msaalah keluarga yang biasanya ditolak di rumah. Kambing hitam sering kali merupakan anak yang paling malu bagi orang tua yang beracun. Mereka terlihat pemberontak, tidak percaya dan sinis, tetapi di balik penampilan keras mereka, mereka adalah yang paling sensitif secara emosional. Kambing hitam telah dilukai dan dirusak oleh orang tua mereka yang kejam dan dapat merusak diri sendiri. Mereka sering mendapat masalah di sekolah karena itulah cara mereka belajar untuk mendapatkan perhatian terbesar dan biasanya pemimpin dalam kelompok sosial mereka. Tetapi karena mereka memiliki banyak tembok yang dibangun di sekitar mereka karena rasa takut, hubungan yang mereka miliki dengan orang lain sering kali dangkal.

Pemimpi

anak
Ilustrasi/copyrightshutterstock/ISSARET YATSOMBOON

Anak atau pemimpi yang hilang adalah peran yang sangat dinekal. Mereka sering tidak terlihat dalam keluarga mereka dan berusaha untuk mengatasi perjuangan keluarga mereka dengan menghilang dan memusatkan perhatian mereka pada membaca buku, melamun dan menonton film. Mereka jarang mendapat masalah dank arena semua orang melihat mereka sebagai anak yang baik, sering diasumsikan bahwa mereka juga memiliki kehidupan yang baik dan sehat di rumah. Anak pemimpi biasanya pemalu dan menikmati kesendiriannya.

Badut Kelas

Badut kelas adalah peran lain yang bisa sangat dikenal biasanya dikenal sabagai yang imut, mereka selalu siap untuk meringankan suasana dengan memecahkan lelucon atau mengadakan acara menghibur untuk orang lain. Biasanya dikenal seringkali, badut kelas merasa tidak berdaya dari disfungsi keluarga dan berusaha mengatasinya dengan menghancurkan amarah, ketegangan dan konflik dengan kesenangn humor. Mereka biasanya menderita kecemasan dan depresi

Memperhatikan tumbuh kembang anak sangat perlukan terlebih menyangkut masa depannya. Keluarga adalah faktor pendukung pertumbuhan anak baik disik, emosional dan mentalnya. Jangan biarkan anak tumbuh dengan minimnya bimbingan dan perhatian dari orang tua.

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓