Sukses

Parenting

Ajak Anak Baca Buku, ini 6 Manfaat yang Didapatkan

Fimela.com, Jakarta Pepatah mengatakan buku adalah jendela dunia, maka dengan membaca seseorang akan memperoleh banyak ilmu. Maka cobalah untuk membiasakan anak untuk membaca.

Walau tak mudah mengajarkan anak rajin baca buku, namun orangtua bisa berusaha dengan mengenalkan buku yang menarik, memberi contoh pada anak jika kita sering membaca buku, serta buatlah aturan jam membaca setiap harinya.

Lalu apa sih sebenarnya manfaat membaca untuk anak? Berikut ulasannya dilansir dari berbagai sumber.

1. Meningkatkan kemampuan bahasa dan komunikasi

Kinerja otak anak akan menjadi lebih aktif karena terstimulasi dari kegiatan membaca, maka anak pun akan lebih mudah berkomunikasi. Anak akan sering bertanya dari apa yang sedang ia baca, maka komunikasi pun akan semakin meningkat. Kosata anak pun semakin beragam.

Pilihlah buku yang sesuai dengan usianya dengan buku yang menarik.

2. Memancing kreatifitas

Anak akan memiliki banyak pengetahun ketika membaca, maka tak heran jika kreatifitasnya pun meningkat. Imajinasi pun terpancing karena melihat gambar yang menarik, kata-kata yang mudah dicerna yang terdapat pada alur cerita dongeng membuat anak menjadi lebih aktif menggunakan imajinasinya.

3. Lebih fokus dan mudah konsentrasi

Dengan membaca, secara tidak langsung mengurangi risiko kebodohan. Karena saat membaca, anak akan menemukan informasi-informasi yang tidak akan didapatkan oleh orang yang tidak gemar membaca. Hal ini tentunya juga memengaruhi tingkat konsentrasi dan membuat anak lebih fokus dalam melihat dan memahami sesuatu.

4. Meningkatkan percaya diri

Dengan membaca anak dapat memperoleh pengetahuan melebihi orang lain. Maka anak akan merasa percaya diri dengan ilmu yang mereka miliki.

5. Meningkatkan kemampuan otak dan mental anak

Menurut American Academy of Pediatric dalam penelitiannya tahun 2014, ada banyak manfaat baca buku untuk anak. Membaca memberikan pengaruh positif pada otak anak yang sedang berkembang. Bahkan, pengaruhnya juga bisa didapatkan sejak bayi saat mereka masih belum bisa membaca, tapi dibacakan cerita oleh orangtuanya.

6. Menjalin ikatan erat anak dan orangtua

Membaca bisa jadi waktu yang menyenangkan untuk meningkatkan ikatan di antara orangtua dan anak, menurut sejumlah penelitian.

 

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading