Sukses

Parenting

5 Manfaat Mengonsumsi Kismis pada Ibu Hamil, Apa Saja?

ringkasan

  • Mencegah Sembelit
  • Mencegah Anemia
  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Saat sedang hamil, seorang perempuan perlu mengonsumsi buah-buahan kering dan kacang-kacangan dari trimester pertama hingga ketiga. Mulai kacang almond, kacang mede, hingga kismis baik dikonsumsi ibu hamil. Asalkan dikonsumsi dalam kadar yang cukup serta diimbangi dengan pola makan serta gaya hidup sehat, maka mengonsumsi kacang-kacangan dan buah-buahan kering sangat direkomendasikan selama kehamilan.

Kali ini kita akan membahas manfaat mengonsumsi kismis pada ibu hamil. Melansir stylecraze.com, kismis mengandung nutrisi penting yang dapat memberi manfaat pada ibu hamil. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya berikut ini.

1. Mencegah Sembelit

Kismis memiliki kandungan serat yang tinggi. Sehingga mengonsumsinya dapat bantu mencegah sembelit atau susah buang air besar yang sering dialami pada awal kehamilan. Kismis menyerap air dan menciptakan efek laksatif sehingga dapat membantu melancarkan pencernaan.

2. Mencegah Anemia

Selama kehamilan, seorang perempuan cenderung mengalami anemia. Kenapa? Karena tubuhnya juga perlu memberikan nutrisi yang cukup pada bayi dalam kandungan. Kismis mengandung vitamin B kompleks, zat besi, dan beberapa mineral yang dapat meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh. Sehingga mengonsumsi kismis dapat membantu mencegah anemia dan mencegah tubuh gampang letih selama kehamilan.

 

3. Menambah Energi

Kismis adalah buah anggur yang dikeringkan. Memiliki kandungan fruktosa dan glukosa yang dapat menyerap vitamin esensial dari makanan yang kita konsumsi, sehingga bisa menambah energi tubuh kita. Karena tubuh mengalami sejumlah perubahan selama kehamilan, maka energi yang cukup sangatlah diperlukan untuk menjaga kondisi kesehatan ibu dan juga bayi dalam kandungan.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kismis juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil. Karena perubahan tubuh dan berbagai hal yang terjadi selama kehamilan, kadang ibu hamil rentan jatuh sakit. Kismis merupakan salah satu jenis buah kering yang dapat dikonsumsi untuk menambah energi serta meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak gampang jatuh sakit.

5. Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan yang ditemukan pada kismis dapat melawan radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Radikal bebas itu sendiri merupakan salah satu penyebab kanker. Dengan demikian, mengonsumsi kismis bisa menjadi satu dari sekian banyak cara untuk mencegah kanker.

Imbangi dengan konsumsi makanan bergizi dan bernutrisi selama kehamilan untuk menjaga kesehatan, ya. Bila perlu berkonsultasilah ke dokter untuk mengatur pola makan yang tepat sesuai kebutuhan dan kondisi tubuh.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading