Sukses

Parenting

5 Aktivitas Agar Anak Tidak Bosan Selama di Rumah

Fimela.com, Jakarta Work from home (WFH) dan social/physical distancing (pembatasan jarak dengan orang lain) kini telah menjadi rutinitas baru karena adanya imbauan dari pemerintah untuk memberhentikan seluruh aktivitas perkantoran demi mencegah penyebaran virus COVID-19.

Tidak hanya perkantoran, sekolah dan instansi belajar lainnya juga memberhentikan sementara kegiatan belajar-mengajar tatap muka dan menggantinya dengan belajar di rumah masing-masing. Perubahan rutinitas ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua yang harus bekerja namun di saat yang bersamaan harus menemani bermain dan membantu anak belajar.

Para orang tua pun harus memutar otak untuk mencari aktivitas anak yang menyenangkan namun tetap mengasah kemampuan mereka. Berikut beberapa kegiatan yang bisa dilakukan bersama anak-anak selama di rumah di tengah pandemi Covid-19, dilansir dari FWD Life.

1. Buat Sesi Homeschooling jadi Menyenangkan

Membuat sesi belajar di rumah terkesan susah-susah gampang, orangtua harus mampu meningkatkan konsentrasi anak setaraf dengan di sekolah. Buat ruangan khusus untuk ia belajar, siapkan peralatannya seperti meja, kursi, laptop dan buku-buku dengan baik. Buat anak-anak memanggil dengan sebutan Ibu atau Bapak guru, ciptakan jadwal yang sama, buat bel istirahat, dan selingi dengan games seru yang masih berkaitan dengan pembelajaran.

Tips ini dapat menjadikan mereka terbiasa dengan jadwal yang baru dan mendapatkan suasana yang mirip dengan sekolah. Berikan mereka sesi untuk menelpon teman-teman mereka juga di waktu istirahat. Laporkan sesi belajar tersebut ke guru dengan cara yang menyenangkan pula, seperti merekamnya di video. Orangtua juga bisa ajak anak membantu di dapur untuk sesi makan siangnya. Jadi, selagi mereka mengerjakan tugas, ibu dapat mengerjakan pekerjaan seperti biasa.

2. Masak Jajanan Sekolah Bersama

Selama ini, kita tidak tahu jajanan seperti apa yang biasa dikonsumsi oleh anak di sekolah. Dengan menghabiskan waktu di rumah, orangtua memiliki keuntungan untuk mengontrol seluruh makanan yang dikonsumsi oleh anak bahkan bisa berhemat karena tidak perlu memberikan uang jajan.

Agar tidak bosan dengan makanan rumah yang itu-itu saja, cobalah berkreasi bersama untuk membuat jajanan sekolah. Orangtua bisa membuat Cilung, Telung, Siomay, Bakso, atau yang lainnya dengan bahan-bahan yang lebih sehat. Bisa juga membuat miniatur kantin di ruang makanmu layaknya kantin di sekolah agar suasana menjadi menyenangkan.

3. Ajak Anak untuk Tetap Piket

Setiap hari, guru di sekolah biasanya memiliki jadwal piket yang telah disusun untuk siswa di kelas. Orangtua dapat mengadopsi ide ini dengan menginstruksikan budaya piket ke anak, tetapi mengubah pekerjaannya menjadi piket di rumah. Tidak hanya menghapus papan tulis seperti biasanya, Orangtua dapat membuatnya membersihkan debu di rumah atau menyapu ruang belajar dan kamar tidurnya. Tidak hanya mengajarkan kedisiplinan dan menjaga kebersihan, mereka juga sekaligus meringankan beban pekerjaan rumah orangtua.

4. Buat Kegiatan Ekstrakurikuler Sederhana

Taekwondo, Silat, English Club, dan sebagainya menjadi wadah yang disediakan oleh sekolah untuk menggali potensi anak selain di bidang akademis. Untuk mengisi kekosongan kegiatan tersebut, orangtua dapat membuat ekstrakulikuler yang bisa dilakukan di rumah, seperti kelas melukis, fotografi, KIR (Karya Ilmiah Remaja), bahkan olahraga.

Sediakan kelas ekstrakurikuler sesuai dengan minatnya, berikan sesi 50-90 menit untuk anak berfokus pada kegiatan tersebut. Siapkan barang-barang penunjang yang dibutuhkan dengan memanfaatkan peralatan rumah, lalu berikan pemaparan materi dan kesempatan untuk mereka mempraktekannya. Ajak seluruh anggota rumah untuk mengikuti kegiatan ini, agar menjadi lebih seru dan menyenangkan.

5. Olahraga Sambil Bermain

Walaupun sedang di rumah saja, kesehatan fisik anak harus tetap dijaga. Latih anak untuk tetap meluapkan energi-energi tersebut dengan berolahraga bersama orang tua. Berikan mereka pilihan lain untuk beraktivitas, seperti bermain skipping, senam bersama, cardio ringan, atau zumba. Anak dapat tetap merasakan kesenangan ditengah rutinitas olahraga sambil bermainnya yang baru.

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading