Sukses

Parenting

Apakah Produksi ASI akan Berkurang Jika Ibu Menyusui Puasa?

Fimela.com, Jakarta Sebenarnya ibu menyusui boleh tidak berpuasa Ramadan jika kondisi tubuhnya memang tubuh tidak memungkinkan. Puasa ketika menyusui boleh dilakukan jika memang tidak memberatkan.

Jika ibu menyusui memutuskan untuk berpuasa, mungkin ada beberapa hal yang dikhawatirkan, salah satunya adalah produksi ASI. Apakah produksi ASI memang akan berkurang selama puasa?

Untungnya, tidak. Penelitian yang dilakukan Amerika Serikat oleh Neville et. Al. (1993), Neville & Oliva-Rasbach (1987) dan Tigas et. Al. (2002) terhadap ibu yang berpuasa menunjukkan bahwa tidak ada penurunan produksi ASI yang signifikan setelah berpuasa dalam dalam jangka waktu sementara.

Produksi ASI tidak berkurang mski puasa Ramadan

Tubuh ibu menyusui secara alami akan membuat adaptasi atau penyesuaian metabolisme selama puasa untuk memastikan bahwa produksi ASI tidak terpengaruh.

Meski memang puasa dalam jangka waktu sementara tidak akan mengurangi produksi asi, tapi kondisi tubuh dehidrasi ekstrem tentu akan mengurangi produksi ASI. Jadi, ibu menyusui harus memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi kaya gizi dan membiasakan diri lebih banyak minum air. Karena bagaimana pun selama puasa, tubuh akan rentan dehidrasi, belum lagi air juga digunakan untuk produksi asi.

Ibu bisa membiasakan diri dengan minum satu gelas air setiap 30 menit selama waktu buka puasa hingga sahur. Air yang dikonsumsi juga bisa divariasikan, bisa dengan jus buah, air kelapa, wedang jahe, susu, infused water dan lain sebagainya.

Cek Video di Bawah Ini

#ChangeMaker with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading