Cara Agar Anak Mendengarkan Instruksi dan Mau Berdiskusi dengan Baik

Karla Farhana20 Apr 2020, 18:30 WIB
[FImela] keluarga

Fimela.com, Jakarta Pernahkah Sahabat Fimela berpikir kalau sulit sekali untuk mengajak anak berdisukusi? Bahkan, sangat sulit ketika meminta anak untuk mendengarkanmu mengenai sebuah instruksi.

Sebenarnya, hal ini sangat wajar karena menurut AHA Parrenting, anak-anak memiliki banyak hal dalam benaknya. Mulai dari tes sekolah, tes olahraga, masalah dengan teman-temannya, hingga game terbaru yang harus mereka taklukkan. Jadi, ada banyak alasan kenapa anak cenderung tidak dapat memerhatikan dan mendengarkan sehingga sulit sekali untuk diajak berdiskusi. 

Namun, Sahabat Fimela tidak perlu khawatir. Karena ada beberapa trik sehat yang bisa kamu terapkan pada anak, agar mereka mau mendengarkan dan berdiskusi denganmu. 

1. Koneksi adalah Kunci

Lelah sekali rasanya ketika kamu berbicara mengenai banyak hal, namun tidak satu pun katamu didengarkan oleh anak. Karena itu, kamu tidak perlu berbicara kepadanya ketika dia belum memerhatikanmu. Tunggu sampai dia benar-benar memerhatikanmu, baru berbicara dengan baik. Ini merupakan cara untuk membangun koneksi dengan anak-anak yang menjadi kunci komunikasi yang baik. 

2. Gunakan Sedikit Kata

[Fimela] keluarga
keluarga | pexels.com/@julia-m-cameron

AHA Parrenting menulis, cobalah untuk menggunakan kata-kata yang lebih sederhana dan lebih sedikit. Sehingga, anak tidak memerlukan waktu yang lama untuk mendengarkan dan memahami apa yang sedang kamu bicarakan atau tanyakan. Cara ini dinilai lebih efektif ketika membangun konseksi dan komunikasi yang baik dengan anak. 

3. Sudut Pandang Anak

Cobalah untuk berbicara mengenai apa pun dengan sang anak, namun dari sudut pandangan mereka. Dengan begini, mereka akan lebih cepat mengerti apa yang sedang kamu bicarakan. 

Namun, jangan lupa untuk membangun koneksi yang hangat dengan anak-anak. Karena, koneksi yang kuat dan hangat dapat menjembatani komunikasi yang kadang kurang berjalan dengan lancar. 

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓