Cara Ubah Pola Makan Anak Sebelum Ramadan agar Tidak Kaget saat Puasa

Febi Anindya Kirana22 Apr 2020, 13:45 WIB
Diperbarui 22 Apr 2020, 13:45 WIB
anak makan mi

Fimela.com, Jakarta Tinggal hitungan hari hingga kita menjalankan puasa Ramadan. Tentu banyak yang harus dipersipakn, apalagi jika tahun ini anak di rumah sudah harus mulai belajar puasa.

Salah satu persiapan yang harus dilakukan agar anak tidak kaget puasa adalah mengubah pola makannya, menyesuaikan agar puasa tak terasa berat. Mulailah dengan perubahan-perubahan dasar seperti:

1. Kurangi porsi makan

Perlahan, kurangi porsi makanan anak setiap harinya. Tidak masalah tetap tiga kali sehari namun banyaknya makanan di piring sudah harus dikurangi. Bisa juga mengurangi jumlah makan, jika biasanya 3 kali sehari, jadi 2 kali sehari.

2. Kurangi camilan

Jika anak suka ngemil di saat-saat senggang di siang hari, ajarkan anak untuk menguranginya. Beri sedikit camilan atau tidak usah sama sekali. Tentu dengan memberikan penjelasan mengapa ia harus berhenti makan camilan agar anak paham.

3. Kurangi konsumsi gula dan garam

Nutrisi anak
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Oksana Kuzmina

Penting sekali mengurangi konsumsi makanan manis dan asin karena jenis makanan ini mampu meningkatkan rasa haus dan keinginan makan lebih banyak. Jadi beri anak makanan yang tidak terlalu asin dan manis.

4. Hindari makanan instan dan gorengan

Seringkali makanan instan seperti mie, nugget, gorengan, keripik, biskuit dan lainnya memiliki banyak gula dan garam. Kurangi jenis makanan itu dan ajak anak untuk lebih banyak minum air putih. Boleh makan makanan instan namun sesekali saja, jangan setiap hari.

5. Beri anak makanan berserat

Beri anak makanan sehat buah dan sayur lebih banyak agar perutnya tetap kenyang dalam waktu lama. Meski dengan porsi sedikit namun tubuh akan tetap berenergi dan anak juga bisa mengurangi keinginan ngemil.

Itu dia sekian cara mengubah pola makan anak untuk persiapan puasa Ramadan. Silahkan diterapkan, Moms.

#ChangeMaker with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela