Sukses

Parenting

5 Cara untuk Penuhi Nutrisi Bagi Ibu Menyusui saat Puasa Ramadan

Fimela.com, Jakarta Ramadan adalah waktu untuk beribadah yang lebih baik bagi sebagian besar umat Islam. Namun, bagi para ibu, hal itu bisa menjadi cukup menantang. Kekhawatiran yang dihadapi oleh perempuan ketika memutuskan apakah puasa saat menyusui bisa dilakukan oleh mereka yang sedang menyusui buah hatinya. Banyak dari Mom khawatir jika puasa akan memengaruhi pada pasokan ASI.

Ini kekhawatiran yang umum terjadi karena dua faktor yang mengurangi suplai ASI adalah ketika Mom tidak cukup gizi dan terhidrasi. Memastikan bahwa mengonsumsi makanan dan minum cukup air serta mengonsumsi jenis makanan yang tepat selama sahur dan berbuka akan memberikan peran penting agar tetap terhidrasi dan sehat. Berikut ini ada beberapa tips nutrisi untuk berpuasa bagi Mom yang sedang menyusui.

Banyak Mengonsumsi Air

Lebih dari merasa lapar, Mom mungkin akan merasa sangat haus sepanjang puasa. Usahakan untuk minum banyak air di jam-jam tidak puasa, misalnya 2-3 gelas air di saat sahur dan berbuka puasa. Setelah berbuka puasa, bawalah botol minum saat hendak menemani anak tidur. Jika bangun di tengah malam minumlah beberapa teguk air juga.

Nikmati Smoothie saat Sahur

Bagi sebagian orang mungkin merasa sulit untuk makan cukup kalori saat sahur. Sangat di sarankan untuk menambahkan smoothie ke dalam menu sahur. Memang sedikit sulit ketika harus mengonsumsi smoothie saat sahur, namun ini dilakukan untuk kebaikan Mom dan buah hati.

Berbuka Puasa Tanpa Makan Berlebih

Mesikipun penting untuk makan cukup kalori sebagai ibu menyusui, makanan yang digoreng, tidak memberikan nutrisi yang baik bagi tubuh sehingga dapat memengaruhi nutrisi dari ASI. Ketika sedang berbuka, usahakan untuk mengosumsi protein, sayuran dan karbohidrat. Misalnya untuk menu buka puasa Mom bisa membuat hidangan olahan ikan salmon, sayur kol dan terong serta dengan nasi sebagai asupan karbohidratnya.

Nutrisi Tambahan Setelah Buka Puasa

Beberapa jam setelah berbuka puasa dan sebelum tidur adalah waktu yang tepat atau kesempatan untuk mendapatkan nutrisi tambahan dan kalori. Pilihlah camilan yang bernergi yang mengandung karbohidrat, protein dan lemak yang sempurna.

Minum Suplemen Prenatal

Bila perlu Mom dapat mengonsumsi suplemen prenatal selama menyusui ketika sedang berpuasa. Suplemen ini mungkin akan membantu penambahan nutrisi untuk memproduksi ASI. Namun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan informasi penting.

Nah, bagaimana Mom apakah sudah siap untuk menjalankan puasa saat sedang menyusui si kecil? Jika memang ingin berpuasa walau sedang menyusui, tetap perhatikan kesehatan dan konsumsi makanan yang bernutrisi. Bila perlu Mom konsultasikan ini kepada dokter untuk mendapatkan tips berpuasa saat menyusui agar tidak mengganggu produksi ASI yang dibutuhkan si kecil.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading