4 Cara Mudah Mengenalkan Anak dengan Hewan Peliharaan

Anisha Saktian Putri27 Apr 2020, 13:30 WIB
Hewan peliharaan/unsplash Annie

Fimela.com, Jakarta Anak-anak biasanya tertarik dengan berbagai hal, termasuk pada hewan. Interaksi bersama hewan pun bermanfaat bagi perkembangan anak menjadi pribadi yang lebih baik nantinya.

Apalagi dengan merawat hewan peliharaan, si kecil dapat belajar untuk mencintai dan peduli terhadap oranglain. Untuk itu, berikut beberapa tips bagaimana orangtua dapat mengenalkan hewan pada anak, dilansir dari abbottfamily.com.sg.

1. Pelihara hewan

Mengenalkan anak pada hewan ialah dengan memeliharanya. Hal ini dapat membantu anak-anak merasa nyaman. Namun perlu diperhatikan, jika anak memiliki alergi, lebih baik konsultasikan dengan dokter sebelum memelihara hewan.

2. Kenalkan lewat buku atau smartphone

Hal termudah mengenalkan hewan pada anak bisa lewat buka atau smarphone. carilah hewan yang akan dipelihara pada media tersebut. Ceritakan pada anak mulai dari nama hewan, warnannya, keunikan yang dimiliki, hingga suara hewat tersebut.

Lalu tambahkan sedikit informasi seperti asalnya, makanan yang disukai, hingga bagaimana cara merawatnya.

3. Kunjungi pusat rehabilitas hewan

Hewan peliharaan/Unsplash Veronika
Hewan peliharaan/Unsplash Veronika

Tindakan ceroboh dan kejam dapat membuat dunia menjadi tempat yang sulit bagi hewan. Anak-anak kita perlu menjadi duta masa depan untuk perawatan dan kesejahteraan hewan, sehingga semua makhluk hidup termasuk spesies yang terancam punah dapat berkembang dan bertahan hidup melampaui masa hidup kita.

Anak-anak pun akan lebih peduli pada hewan yang akan dipelihara nantinya.

4. Nonton film kartun bertemakan hewan peliharaan

Hal menyenangkan lainnya, ialah dengan menoton film dengan karakter hewan peliharaan. Anak-anak tentu senang untuk menonton film kartun, disela-sela menonton kita bisa sambil mengajarkan jenis hewan tersebut.

5. Bimbing anak untuk membiasakan diri dengan hewan

Bimbinglah tangan si kecil untuk membelai kucing atau anjing peliharaan dengan lembut. Serta ajak hewan peliharaan bermain saat sedang mengurus anak.

Beberapa hewan sebaiknya tidak diperkenalkan pada bayi karena mereka dapat membawa kuman atau virus seperti kadal, anak unggas, kura-kura, ular, kodok atau katak sebaiknya tidak diperkenalkan pada anak di bawah 5 tahun.

 

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓