Sukses

Parenting

Orang Tua Wajib Tahu! 3 Tips Bangun Karakter Anak di Kala Pandemi

Fimela.com, Jakarta Di tengah pandemi COVID-19 ini, orang-orang diinstruksikan untuk mengisolasikan diri di rumah demi mencegah penyebaran virus. Walaupun banyak juga profesi khususnya dari bidang jasa yang masih harus bekerja di luar rumah. Kondisi ini tentunya sangat baru & berbeda, terutama untuk si anak yang sebagian besar waktunya untuk sosialisasi, bermain dan eksplorasi.

Maka dari itu, penting buat Sahabat Fimela sebagai orang tua untuk membantu anak tetap memiliki keseimbangan karakter yang baik! Adanya rasa empati, simpati, dan juga jasmani yang sehat, anak bisa tumbuh jadi figur yang banggakan keluarga. Jangan khawatir! Ada banyak cara agar anak tetap belajar mengambil kebiasaan baik dari Sahabat Fimela. Mari cek tiga tips yang patut ditekankan kepada anak demi kebaikan mereka di masa depan!

Tumbuhkan rasa simpati & empati kepada anak di situasi ini

Sifat anak-anak akan selalu balik lagi terhadap bagaimana mereka melihat Sahabat Fimela melakukan sesuatu dan bagaimana Anda bertindak dan bereaksi. Di situasi ini, baiknya kita sebagai orang tua tetap menanamkan sifat simpati & empati walau dengan limitasi waktu bersosialisasi. Aktifitas seperti memberikan makanan/minuman berbuka ke orang yang membutuhkan misalnya delivery man atau aparat keamanan disekitar rumah bisa menjadi contoh langsung kegiatan berempati yang bisa ditiru anak.

Buat kebaikan jadi sebuah ‘aktifitas’ rutin

Jadikan kebaikan aktifitas yang bisa Sahabat Fimela lakukan bersama buah hati. Nilai ini nantinya akan jadi bibit baik bagi anak dalam menjalani hidupnya. Supaya anak #BisaKuat, harus dimulai dari diri sendiri. Sangat penting bagi anak untuk menyeimbangkan karakter yang kuat dan baik serta kesehatan jasmani. Mulai dari asupan yang seimbang seperti Biskuat , biskuit enak & bernutrisi terbuat dari susu dan gandum. Jasmani yang kuat dan sehat akan menimbulkan perasaan yang gembira, seperti salah satunya perasaan menghargai orang lain. Aktifitas kebaikan sederhana seperti memberikan pujian saat mencapai prestasi, mengucapkan terima kasih, atau memaafkan kesalahan orang lain bantu menebarkan sikap positif untuk sekitar agar #BisaKuat bersama-sama.

Jalin komunikasi yang baik dengan orang lain

Tentunya dalam pandemi ini, Sahabat Fimela harus tetap mendorong anak untuk jalin hubungan dengan orang lain, baik itu dengan keluarga sendiri ataupun orang lain di luar sana. Hal sekecil saling menelpon kakek nenek dan tanyakan kabar sebagai pengganti dari mudik pun sangat membantu agar anak dapat membantu meminimkan resiko penyebaran virus kepada orang tua. Walaupun social distancing tetap ada, jangan jadikan hal itu alasan anak tidak bersosialisasi dengan satu sama lain.

Walaupun #dirumahaja, selalu akan ada cara buat Sahabat Fimela didik kebaikan kepada anak dan mengajarkan mereka untuk selalu menyebar kebaikan dengan orang lain. Terutama di saat pandemi ini, ikut bantu ramaikan media sosial untuk bertindak dan memberi semangat bagi pahlawan di luar sana!

Nanti, Sahabat Fimela dan anak dapat sebarkan tenaga positif demi menyemangati orang-orang yang harus berjuang di luar sana. Bantu bangun kekuatan baik demi kita #BisaKuat bersama!

Yuk, ajak anak kirim pesan dukungan dan semangat untuk orang-orang yang masih harus bekerja di luar untuk kita disaat pandemi ini, agar selalu #BisaKuat! Sahabat Fimela bisa download di sini template #BisaKuat-nya dan tulis pesan bersama anak juga, loh!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading