Sukses

Parenting

6 Cara Mengajari Anak Bertanggung Jawab Sejak Usia Dini

Fimela.com, Jakarta Sebagai orangtua, penting untuk mengajarkan tanggung jawab pada anak. Meski tidka mudah, orangtua perlu membimbing sang anak agar memahami makna tanggung jawab dalam kehidupan sehari-harinya.

Tanggung jawab menjadi keterampilan hidup yang harus diajarkan pada anak sejak usia dunia. Orangtua perlu menunjukkan kepada anak-anak dengan menyediakan struktur dan rutinitas serta memaparkan konsekuensi apa yang akan ia terima.

Bertanggung jawab menjadi kunci sukses keberhasilan seseorang di sekolah maupun di dunia yang lebih luas. Anak yang bertanggung jawab akan menjadi anak yang dapat dipercaya dan diandalkan. Seperti dilansir dari Worksheetcloud pada Sabtu (9/5/2020) orangtua bisa mulai mengajari anak tanggung jawab dengan beberapa cara berikut ini.

1. Memberi tugas sesuai usianya

Sedari kecil, orangtua bisa membiasakan untuk memberi tugas rutin sebagai bagian dari rutinitas rumah tangga. Seperti memberikan tugas untuk membereskan kekacaauan atau mainan yang ia gunakan.

2. Menghargai perilaku bertanggung jawab

Ketika anak berhasil melaksanakan tanggung jawab akan sangat bermakna jika orangtua mengapresiasi usahanya. Ini akan membangun kepercayaan diri yang sehat dan kebanggaan menjadi bertanggung jawab.

3. Tetapkan rutinitas dan patuhi

Orangtua bisa mulai menetapkan rutinitas dan batasan untuk membantu anak mempelajari keterampilan dasar melalui pengulangan. Dengan melakukan kegiatan tersebut secara berulang akan menjadi sebuah kebiasaan yang baik untuk anak.

4. Biarkan anak melakukan semua hal sendiri

Penting untuk membiarkan sang anak melakukan segala aktivitasnya sendiri. Ini akan mendorong perasaan bangga dan membiarkan mereka mengalami kegagalan juga baik untuk perkembangan pribadi sang anak. Orangtua hanya perlu mengarahkan jika sang anak mengalami kegagalan.

5. Jangan selalu membantu anak di kondisi sulit

Anak perlu belajar soal kepuasan akan kontribusi dirinya sendiri dan menyelesaikan masalah mereka sendiri.

6. Jadi panutan yang baik

Perlu dipahami bahwa perilaku kita sebagai orangtua akan menjadi panutan bagi sang anak. Untuk itu, orangtua pun juga harus mencontohkan bagaimana perilaku bertanggung jawab. Selalu menepati janji dan tidak pernah membuat alasan.

Simak video berikut ini

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading