5 Jenis Makanan yang Baik Dikonsumsi Setelah Melahirkan

Gayuh Tri Pinjungwati20 Mei 2020, 03:00 WIB
melahirkan

Fimela.com, Jakarta Setelah melakukan persalinan tentunya memerlukan asuan gizi yang yang seimbang untuk menyusui si kecil. Mengonsumsi beberapa jenis makanan dapat membantu memproduksi ASI dengan cepat dan juga mengembalikan energi saat setelah persalinan. Seperti beberapa makanan dibawah ini yang baik dikonsumsi saat setelah persalinan.

Sup Ayam

Meskipun mungkin Mom diberikan cairan infus selama persalinan, harus dapat memastikan bahwa Mom dapat meningkatkan cairan tubuh saat si kecil telah lahir. Terutama jika berencana untuk menyusui. Diperkirakan perempuan menyusui membutuhkan satu liter cairan rambahan perhari dibandingkan perempuan yang tidak menyusui. Sup ayam adalah makanan yang sempurna saat setelah melahirkan. Kaldu dari sup ayam dapat menghidrasi tubuh serta rasa asin untuk mengisi elektrolit secara alami.

Kurma

Kurma merupakan sumber gula yang dapat membantu mendorong untuk memulihkan energi setelah melahirkan. Kebutuhan kalori dan karbohirat juga dibutuhkan saat menyusui. Mengonsumsi kurma juga dapat mengembalikan energi ketika seorang perempuan kehilangan banyak darah saat melahirkan.

Oatmeal dan Buah-buahan

Oatmeal untuk sarapan
Oatmeal untuk sarapan (Unsplash.com)

Pastikan untuk memilih makanan yang kaya akan serat dan vitamin. Oatmeal adalah karbohidrat lembut yang dapat membantu mengisi kembali kolagen. Kelebihan lain dari oatmeal adalah bahwa itu dikenal seagai galactagogue, makanan yang dpat meningkatkan pasokan ASI. Tambahkan pula beberapa jenis buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh.

Dendeng Sapi

Bahkan jika mengalami pendarahan, kehilangan darah adalah hal yang normal saat melahirkan. Sebagian besar perempuan, mengalami pendarahan selama berharihari, bahkan kadang hinga berminggu-minggu setelah melahirkan. Karena itu kekurangan darah dapat menghambat proses produksi ASI. Dendengn daging sapi, merupakan salah satu pilihan yang baik untuk menambah darah dan zat besai. Natrium dalam dendeng sapi, juga dapat membantu mengembalikan keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

Telur

Telur adalah sumber protein yang penting untuk membantu menangkan otot-otot yang sakit yang secara harfiah berkontraksi tanpa henti saat melahirkan. Konsumsi setidaknya 1 butir telur rebus dalam sehari untuk memulihkan tenaga dan menenangkan otot.

Berikut tadi beberapa makanan yang baik dikonsumsi saat setelah melahirkan. Beberapa makanan di atas dapat mengembalikan energi setelah persalaninan. Apakah Mom tertarik untuk mencobanya?

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓