5 Ide Permainan Anak Menggunakan Barang yang Ada di Rumah

Anisha Saktian Putri28 Mei 2020, 15:30 WIB
Anak bermain/Unsplash Shitota

Fimela.com, Jakarta Bermain adalah aktivitas yang sangat penting untuk proses tumbuh kembang anak, karena berkontribusi pada perkembangan kemampuan kognitif, fisik, sosial, dan emosional anak-anak. Untuk para orangtua yang bekerja, mereka tak punya cukup waktu untuk menjalin bonding yang erat dengan anak. Maka dari itu kegiatan bermain dapat menjadi sebuah situasi ideal bagi orangtua untuk terlibat penuh dalam mengamati perkembangan anak-anak.

Mohit Nigam, Brand General Manager ELC Indonesia mengungkapkan bermain merupakan dunia yang tidak terpisahkan dari kehidupan anak-anak. Namun, kesibukan terkadang membuat kita, orangtua, lupa bahwa anak membutuhkan waktu bermain bersama orangtuanya. Melalui kampanye #MainSamaAnak, ELC ingin mengajak orang tua untuk menyisihkan waktunya bermain bersama anak tanpa menggunakan gadget.

"Kami juga ingin mengingatkan bermain menggunakan physical toys (mainan yang nyata) dapat membantu mengoptimalkan tumbuh kembang anak, serta mempererat kedekatan antara anak dan orang tua," ujarnya.

Orangtua juga bisa memanfaatkan barang yang ada di rumah untuk permainan anak. Apa saja? Berikut ulasannya dilansir dari berbagai sumber.

1. Berburu harta karun

Orangtua dapat menyiapkan barang untuk ditemukan si kecil. Lalu beri petunjuk yang sesuai dengan usia anak. Sembunyikan barang beserta berbagai petunjuk yang harus diikuti anakl di berbagai tempat di rumah. Petunjuk pertama akan membawa anak ke petunjuk berikutnya dan terus begitu sampai harta karun ditemukan. Ibu juga bisa membuat berbagai tugas yang perlu dilakukan anak untuk mendapatkan petunjuk.

2. Halang rintang

Orangtua dapat menciptakan halangan dengan benda-benda atau perabot yang ada di rumah untuk dilalui anak sambil memanjat, merangkak, lompat, dan sebagainya. Orangtua dapat menciptakan rute dimana mereka harus merangkak di kolong meja atau kursi, menaiki tangga, melompati tumpukan buka, merangkak melewati selimut yang dibentangkan di lantai, dan masih banyak lagi.

3. Bowling

Anak bermain/unsplash Allen
Anak bermain/unsplash Allen

Orangtua dapat menggunakan gelas kertas untuk pin. Kemudian susun menjadi beberapa tahapan. Bila tidak ada bola plastik, bisa juga membuatnya dari kertas. Tentu pesaingan permaian bowling untuk anak sangat menyengkan.

4. Mewarnai

Anak-anak pasti sangat senang mewarnai. Hal paling mudah mengajak anak bermain di rumah ialah dengan menyiapkan kertas polos atau bergambar dan alat mewarnai.

5. Kereta Kardus

Orangtua dapat memanfaatkan kardus untuk dibuat sebagai mobil-mobilan atau kereta. Ajak anak untuk membuat prakarya ini. Tentu mainan ini dapat mengasak kreativitas si kecil.

 

#Changmaker

Lanjutkan Membaca ↓