3 Cara Ajari Anak Memelihara Hewan

Anisha Saktian Putri02 Jun 2020, 14:00 WIB
Mengajarkan anak memelihara hewan/dok. Unsplash Jontahan

Fimela.com, Jakarta Hewan merupakan mahluk hidup yang perlu dilindungi, maka tak ada salahnya untuk menanamkan hal tersebut pada si kecil. Mengajak anak merawat hewan pun sangat penting.

Anak akan memiliki rasa empati, kebaikan, rasa terima kasih, rasa sayang, bertanggung, dan menyadari pentingnya hidup berdampingan. Dari manfaat tersebut, tak ada salahnya untuk mengajari si kecil memelihara hewan. Bagaimana caranya? Berikut ulasannya dilansir dari berbagai sumber.

1. Tidak mengganggu hewan

Hal pertama yang harus dipelajari anak saat memelihara hewan ialah jangan mengganggu binatang seperti memukul, menyiksa, hingga mengusir hewan. Baiknya ajarkan anak untuk mengelus tubuh hewan tersebut, dan beri tahu jika mengganggu hewan bukan hal yang baik.

2. Ajak mengurus hewan

Hewan peliharaan/unsplash Annie
Hewan peliharaan/unsplash Annie

Libatkan anak dalam perawatan hewan peliharaan. Ini membantu anak-anak belajar rasa tanggung jawab. Orangtua dapat meminta si kecil untuk memberi makanan, air, atau mandi hingga memberi perhatina

3. Ajak untuk bermain dengan hewan

Jika ingin si Kecil lebih penyayang, ada baiknya Ibu terlebih dahulu mengenalkan hewan pada anak. Ajak si Kecil untuk berinteraksi langsung dengan kucing, kelinci, atau hewan jinak lainnya. Lalu mengajak si Kecil bermain dengan hewan peliharannya.

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓