3 Cara Agar Anak Sayang kepada Hewan

Karla Farhana07 Jun 2020, 12:00 WIB
[Fimela] anak dan hewan peliharaan

Fimela.com, Jakarta Hewan memiliki tempat yang begitu spesial di hati kita, terutama anak-anak. Tanda rasa sayang kepada hewan mungkin muncul ketika kamu masih sangat kecil. Biasanya, sebelum bisa mengatakan sebuah kata, anak-anak justru menirukan suara berbagai macam binatang yang pernah mereka dengar terlebih dahulu. 

Bahkan, menurut Family Travel, banyak anak-anak yang memimpikan berbagai jenis binatang yang mereka suka. Seperti bermimpi naik kuda, bermain untuk menangkap kupu-kupu, atau memerhatikan ikan berenang di kolam. 

Namun, bukan berarti para orangtua tidak perlu lagi mengajari anak-anak bagaimana menyayangi binatang. Pasalnya, kadang anak cenderung hanya menyukai beberapa binatang saja yang biasa mereka temui sehari-hari. Namun, penting juga untuk memperkenalkan anak untuk menyayangi binatang lainnya. Bagaimana caranya? 

1. Ajak Anak Lebih Dekat dengan Alam

[Fimela] anak dan hewan peliharaan
anak dan hewan peliharaan | pexels.com/@anastasiya-gepp-654466

Cara yang paling mudah adalah dengan mengajak anak untuk lebih dekat dengan alam. Sewaktu libur atau luang, ajaklah anak untuk pergi ke kebun binatang untuk mengenal beragam jenis hewan yang belum pernah mereka lihat di sekitar rumah. Selain itu, kamu juga bisa mengajak anak ke taman nasional, di mana anak bisa melihat bagaimana binatang-binatang hidup dengan lebih bebas. 

2. Traveling

Traveling bukan saja menjadi momen untuk mencicipi masakan khas setempat atau mengunjungi lokasi bersejarah. Tetapi, selama kamu traveling, kamu bisa mengajak anak ke berbagai lokasi yang memiliki penangkaran hewan endemik. 

3. Memelihara Binatang di Rumah

Salah satu cara untuk mengajarkan kasih sayang terhadap hewan kepada anak adalah dengan memelihara binatang di rumah. Tidak perlu kucing atau anjing yang membutuhkan perhatian dan biaya lumayan banyak untuk perawatan, kamu bisa memilih burung dan hewan kecil lainnya. 

Selain itu, memelihara semut dan ulat yang ditaruh di sebuah kandang khusus dari kaca juga bisa mengajarkan anak bagaimana kehidupan ulat hingga menjadi kupu-kupu. Juga, kamu bisa memperkenalkan anak bagaimana semut-semut mengantarkan makanan kepada ratunya. 

Bagaimana? Mana cara yang menurutmu paling efektif untuk mengajarkan anak bagaimana memberikan kasih sayangnya kepada binatang? 

#ChangeMaker

Simak Video Berikut

Lanjutkan Membaca ↓