4 Hal Penting yang Perlu Dipahami Soal Menyusui setelah Caesar

Endah Wijayanti28 Jun 2020, 13:15 WIB
menyusui setelah caesar

Fimela.com, Jakarta Setelah melahirkan melalui operasi caesar, biasanya muncul kekhawatiran soal menyusui si kecil. Apakah bisa langsung menyusui? Atau adakah hal-hal  yang sebaiknya tak dilakukan saat menyusui setelah caesar?

Ibu tak perlu terlalu panik atau khawatir saat akan memberikan ASI pada buah hati. Mengutip buku Parenting tanpa Galau, ada empat hal yang perlu diketahui terkait menyusui setelah caesar. Selengkapnya langsung saja simak di bawah ini.

1. Bisa Menyusui Segera setelah Melahirkan

Ibu bisa menyusui segera setelah melahirkan meski mendapatkan epidural atau bius lokal. Caranya bisa dengan meminta lakukan inisiasi menyusui dini (IMD). Tenaga kesehatan bisa membantu memegang bayi saat ditidurkan di dada ibu untuk disusui.

2. Perbanyak Skin to Skin

Sebagian ibu yang menjalani operasi caesar merasa ASI yang keluar sedikit lebih terlambat dari yang semestinya. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan memperbanyak kontak atau sentuhan kulit (skin to skin). Lakukan frekuensi menyusui pertama secepatnya dan tingkatkan frekuensi menyusui.

3. Tak Perlu Khawatir dengan Infus

tips menyusui
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Kiwis

Ibu biasanya akan mendapatkan obat melalui infus dan pil di beberapa hari setelah melahirkan. Tak perlu khawatir dengan hal tersebut. Sebab obat tersebut aman untuk ibu menyusui dan bisa membantu ibu lebih rileks.

4. Minta Bantuan dari Orang Terdekat

Selama beberapa minggu pertama di rumah, sebaiknya minta didampingi oleh orang-orang terdekat. Minta bantuan untuk mengerjakan pekerjaan rumah dan merawati bayi selama ibu berada di rumah pada beberapa minggu pertama usai melahirkan. Bisa meminta bantuan dari pasangan, saudara, kerabat, teman, atau menggunakan jasa doula (pendamping persalinan).

Jangan ragu untuk senantiasa berkonsultasi ke dokter atau tenaga kesehatan, ya. Semoga proses menyusui setelah caesar senantiasa berjalan lancar. 

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓