4 Cara yang Menyenangkan untuk Meningkatkan Kosakata pada Anak

Gayuh Tri Pinjungwati02 Jul 2020, 08:15 WIB
ibu dan anak

Fimela.com, Jakarta Sebelum seorang anak dapat belajar membaca, mereka perlu pemahaman yang baik tentang kata-kata dasar beserta artinya. Meskipun itu terdengar terlalu berlebihan, ada cara yang sangat mudah untuk membangaun kosakata anak-anak prasekolah dan memperkenalkan konsep membaca. Berikut ini adalah beberapa kegiatan pengembangan kosakata yang mudah dan menyenangkan yang dapat dilakukan para orang tua setiap hari bersama anak.

Kunjungi Perpustakaan

Jika mencari tempat yang bagus untuk memulai membangun kosakata dan keterampilan membaca dini untuk anak prasekolah, perpustakaan adalah pilihan tempat yang menyenangkan untuk belajar. Jika tidak yakin apa yang harus dilakukan ketika sampai di perpusatakaan, mintalah bantuan para pustakawan untuk memandu. Berada di sekitar tempat yang terdapat banyak buku dan referensi sastra akan sangat membantu anak prasekolah merasa nyaman membaca. Perpustakaan anak-anak sering memiliki acara dan kegiatan yang menyenangkan dan menarik bagi anak-anak, yang akan mengajarkan mereka kata-kata baru dan memberi mereka kesempatan untuk bersosialisasi.

Perkuat Belajar Abjad

Menyanyikan lagu ABC memberi anak-anak yang sedang belajar alfabet dengan penguatan dan kepercayaan diri pada anak. Mom juga dapat mengajak anak bermain game menggunakan alfabet dengan memberi nama item yang dimulai dengan huruf pertama dalam urutan abjad. Si kecil juga dapat menikmati bermain game dan membangun keterampilan alfabet.

Gunakan Kata Deskriptif

mencintai diri sendiri
ilustrasi ibu dan anak/copyright By Casezy idea from Shutterstock

Dalam hal meningkatkan kosakata anak, lebih banyak yang kosakata yang diajarkan akan semakin baik. Semakin banyak kata-kata yang didengarkan anak setiap hari, semakin dia akan belajar, menyerap, dan akhirnya menggunakan kata tersebut dengan sendirinya. Cobalah menggunakan berbagai kata deskriptif dalam percakapan sehari-hari. Kata-kata ini mungkin di luar pemahaman balita saat ini, tetapi dengan menggunakannya dalam konteks yang tepat akan membuatnya lebih mudah dipahami.

Buat Label

Jika ingin anak prasekolah belajar lebih banyak kata, maka ajarkan dengan cara yang mudah. Selain sering mengatakannya, tunjukkan juga benda atau barang yang mungkin mereka sebut. Bangun pemahaman dasar mereka atas kata-kata terkenal dengan menggunakan pembuatan label untuk memberi nama barang yang biasa digunakan, sehingga mereka belajar mengenali seperti apa bentuk kata itu.

Meningkatkan kosakata anak tidaklah sulit, ini dapat dimulai ketika mereka mulai belajar berjalan. Dalam beberapa kasus, seperti membawa anak ke perpustakaan atau memberi label item di rumah.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓