Bantu Komunikasi Keluarga Semakin Menyenangkan dengan Cara Seru

Anisha Saktian Putri02 Jul 2020, 11:09 WIB
Oreo Spesial Huruf/dok. Oreo

Fimela.com, Jakarta Membangun komunikasi yang baik di dalam keluarga memang sangat penting dilakukan. Meski terkesan mudah dan sederhana, permasalahan komunikasi dapat memiliki dampak yang besar serta memegang peranan penting pada tumbuh kembang anak.

Sayangnya, ketidakmampuan untuk berkomunikasi dan mengekspresikan diri dengan terbuka kepada satu sama lain menjadi tantangan terbesar bagi orangtua untuk menikmati momen menyenangkan dan berkualitas bersama anak.

Selain itu, Psikolog Anak dan Pendidikan Dian Nirmala mengatakan sulitnya membangun pola komunikasi terbuka, terlalu banyak basa basi dan tidak langsung ke pokok permasalahan menjadi kendala dalam berkomunikasi kepada anak. Bahkan, masih banyak orangtua yang berpikir jika memberikan barang cukup untuk membahagiakan anak.

"Kenyataannya, anak lebih senang diberikan waktu bermain bersama keluarga dibandingkan diberikan barang. Sebab dengan waktu bersama, anak akan lebih mudah untuk mengungkapkan perasannya," ujar Psikolog Dian, dalam peluncuran virtual kampanye #UngkapkanDenganOreo.

Dampak komunikasi berjalan baik, Dian mengatakan anak akan belajar menghadapi konflik, di rumah tentu memiliki perdebatan antar keluarga, anak akan belajar dan saat di luar rumah anak mampu menghadapi konflik hingga berani berpendapat.

Meningkatkan kualitas komunikasi

Komunikasi Jadi Tantangan Terbesar Orangtua untuk Nikmati Momen Menyenangkan Bersama Anak
Dian Nurmala, Psikolog dan Maggie Effendy, Head of Biscuit Mondelez Indonesia, foto: dok. Mondelez Indonesia

Lalu bagaimana meningkatkan kualitas komunikasi? Dian mengatakan orangtua memiliki peran penting dalam menyusun strategi bagaimana cara 'memancing' anak untuk bercerita. Solusinya dengan beraktivitas bersama seluruh anggota keluarga, stimulus kreativitas, dan permainan yang menyenangkan.

"Bermain bersama keluarga dengan kreativitas yang menyenangkan akan berdampak pada tumbuh kembang anak. Ketika anak senang, bonding dengan orang tua akan terjalin, anak pun akan dengan mudah untuk bercerita," ujar Dian

Menyadari membangun komunikasi penting dalam keluarga, biskuit Orea meluncurkan edisi Spesial Huruf. Melalui kampanye #UngkapkanDenganOreo, biskuit Spesial Huruf ini memberikan kesempatan bagi keluarga Indonesia untuk lebih komunikatif dan mampu mengekspresikan diri dengan cara yang kreatif dan menyenangkan.

“Kampanye #UngkapkanDenganOreo diharapkan bisa menjadi cara yang kreatif dan menyenangkan untuk menjembatani kendala komunikasi antar orang tua dan anak guna mempererat ikatan keluarga sehingga membuat setiap momen bersama menjadi lebih seru. Tak hanya huruf, ada juga emoji dengan dua pilihan rasa vanila dan cokelat,” ujar Head of Biscuit PT Mondelez Indonesia Maggie Effendy.

 

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓