Selain Membuat Bayi Merasa Nyaman, Ini 5 Manfaat Memeluk Bayi Pasca Persalinan

Gayuh Tri Pinjungwati02 Jul 2020, 12:45 WIB
memeluk anak

Fimela.com, Jakarta Tidakan sederhana memeluk bayi setelah lahir memiliki banyak manfaat pada kesehatan Mom dan buah hati. Karena memiliki manfaat, banyak rumah sakit akan menerapkan kebijakan yang tidak hanya mengizinkan tetapi juga mendorong Mom untuk memeluk si kecil setelah ia lahir. Berikut ini adalah beberapa manfaat memeluk bayi setelah ia terlahir.

Bayi akan Merasa Hangat

Kulit Mom lebih hanta dan akan membuat bayi merasa kehangatan. Cukup letakkan bayi di atas perut atau dada, berikan selimut hangat ketika memeluk si kecil, jika selimut basah memintalah pada orang lain untuk menggantikannya.

Bayi Bernapas Lebih Normal

Bayi yang langsung menyentuh kulit ibunya saat setelah lahir, akan membutanya bernapas lebih mudah dan merasa tenang. Ini diduga karena mereka dapat mendengar detak jantung orang tuanya dan akan merasa lebih tenang. Selain itu mereka juga merasakan pernapasan dari Mom.

Tidak Mudah Menangis

bayi tidur
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Kenyamanan bersama Mom, menyebabkan bayi tidak mudah menangis setelah tangisan awal saat kelahiran. Memiliki seseorang yang dapat mereka kenal melalui suara dan bau sangatlah penting, karena itu untuk stabilitas si kecil.

Lebih Banyak ASI yang Dihasilkan

Ketika bayi yang baru lahir langsung mendapatkan pelukan dari orang tuanya, bayi akan cenderung menyusu. Hal ini dapat membuat pasokan ASI yang dihasilkan oleh Mom lebih baik. Namun, jika bayi tidak sering minum ASI secara langsung, mungkin dapat menghambat ASI yang dihasilkan.

Bayi dapat Mendengarkan Detak Jantung

Setelah 9 bulan mendengar detak jantung dari dalam rahim, bayi merasa terhibur ketika mendengar detak jantung yang mereka dengarkan setiap saat. Ini dapat membuat bayi merasa lebih tenang. Selain itu, memeluk bayi setelah melahirkan juga dapat membangun ikatan batin antara orang tua dan anak.

Memeluk bayi setelah melahirkan akan memberikan banyak manfaat bagi orang tua dan bayi yang baru lahir. Pelukan dari seorang Ibu dapat membuatnya lebih tenang dan dapat membangun ikatan batin antara anak dan orang tua. Ini juga dapat berlaku bagi orang tua yang mengalami operasi caesar saat melahirkan.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓