Saatnya Toilet Training, 8 Tanda Anak Siap ke Kamar Mandi Sendiri

Endah Wijayanti03 Jul 2020, 13:15 WIB
siap toilet training

Fimela.com, Jakarta Kunci utama sukses toilet training adalah anak sudah  benar-benar siap ke kamar mandi. Jika anak belum benar-benar siap ke kamar mandi, maka akan sulit untuk memperkenalkan dan membiasakan buang air di toilet. Biasanya anak siap menjalani toilet training pada usia 18 bulan, tetapi kebanyakan anak siap memulainya saat berusia 20 bulan.

Ada beberapa tanda yang bisa diperhatikan terkait apakah anak sudah benar-benar siap untuk toilet training. Dengan memperhatikan tanda-tandanya orangtua bisa lebih mudah mempersiapkan anak untuk toilet training.

Mengutip buku Parenting tanpa Galau, ada delapan tanda umum anak sudah siap ke kamar mandi. Berikut keterangannya.

1. Anak memperlihatkan ekspresi saat menahan buang air besar atau buang air kecil.

2. Popok kering saat anak bangun tidur atau setelah dua jam pemakaian.

3. Anak tidak buang air besar di popok pada malam hari.

4. Buang air besar dilakukan pada waktu yang sama setiap harinya. 

5. Anak bisa memakai pakaian dan mampu menyampaikan keinginannya untuk buang air besar atau buang air kecil.

6. Anak bisa memberi tahu kita saat popoknya kotor atau meminta untuk diganti dengan yang baru.

7. Anak menunjukkan ketertarikan saat kita memakai kamar mandi.

8. Anak memberi tahu saat ingin buang air kecil.

Kiat Sukses Toilet Training

toilet training
Ilustrasi toilet training./Copyright shutterstock.com

Supaya sukses dalam memberikan toilet training, ada beberapa kiat yang bisa dicoba. Orangtua bisa memperkenalkan dan membiasakan anak buang air di pispot atau potty chair. Amati jadwal buang air kecil dan buang air besar anak. Sebagai contoh, jika anak biasa buang air besar setiap pukul 07.00 maka pada rentang waktu tersebut ajak anak untuk menyalurkan dorongan buang air besar di kamar mandi atau toilet. 

Penting untuk senantiasa konsisten dalam melatih anak untuk membiasakan diri ke kamar mandi atau toilet untuk buang air. Selain itu, jadikan toilet training sebagai kegiatan yang menyenangkan dan tidak membuat anak tertekan. Orangtua bisa menempatkan boneka lucu di kamar mandi atau memasang stiker-stiker lucu di kamar mandi.

Umumnya anak sudah bisa menggunakan toilet dan kamar mandi dengan sempurna saat mencapai usia kurang lebih tiga tahun. Senantiasa perhatikan tanda-tanda anak sudah siap menggunakan kamar mandi supaya kita bisa memberi arahan yang tepat untuk melakukan toilet training.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓