5 Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak agar Tubuhnya Sehat

Endah Wijayanti03 Jul 2020, 14:26 WIB
menghadapi picky eater

Fimela.com, Jakarta Orangtua pastinya ingin anak mendapat asupan gizi dan nutrisi yang cukup. Hanya saja ketika anak tak mau makan atau sulit makan, orangtua bisa stres sendiri. Bagaimana bisa mencukupi kebutuhan gizinya bila mereka tak mau makan?

Untuk meningkatkan nafsu makan anak memang perlu kiat-kiat khusus. Hanya menyuruh atau memaksa anak untuk mau makan biasanya kurang efektif. Untuk itu ada beberapa trik yang lebih efektif untuk membuat anak mau makan.

1. Ajak Anak untuk Lebih Aktif Bergerak

Dorong anak untuk lebih aktif bergerak. Bisa dengan melibatkannya pada aktivitas fisik yang menyenangkan, seperti mengikuti kelas tari atau sekadar melakukan olahraga ringan di halaman rumah. Ketika energi anak terpakai untuk melakukan aktivitas fisik, maka secara alami ia akan mengalami lapar. Sehingga nafsu makan bisa bertambah.

2. Selalu Jadwalkan Sarapan

Mengutip buku Parenting tanpa Galau, sangatlah penting untuk selalu menjadwalkan sarapan untuk anak. Sarapan adalah awal penting untuk memulai hari. Selain itu, sarapan bisa bantu meningkatkan metabolisme tubuh dan meningkatkan nafsu makan anak.

3. Tambahkan Rempah-Rempah pada Makanan

Aroma ketumbar atau kayu manis diyakini bisa menambah aroma makanan dan menggugah selera makan. Tambahkan rempah-rempah pada makanan yang disajikan kepada anak. Aroma yang sedap dan kuat bisa membantu meningkatkan nafsu makan anak.

 

4. Kondisikan Suasana yang Sejuk

mengasuh anak
ilustrasi./copyright By Makistock from Shutterstock

Nafsu makan bisa berkurang bila dilakukan di lingkungan atau suasana yang panas dan tidak nyaman. Untuk itu coba kondisikan ruangan yang sejuk dan nyaman setiap kali masuk jam makan. Ada baiknya selalu punya jadwal rutin untuk makan di rumah. Situasi yang nyaman akan memudahkan anak untuk mau makan.

5. Ciptakan Atmosfer yang Menyenangkan saat Makan

Stres bisa membuat anak tidak nafsu makan. Maka supaya anak doyan makan, ciptakan suasana yang menyenangkan saat makan. Seperti memutar musik favoritnya setiap kali makan atau mengajaknya mengobrolkan hal-hal yang seru setiap kali makan. Temani dan arahkan anak untuk bisa menghabiskan makanan di piringnya sebelum beranjak ke aktivitas yang berikutnya.

Pahami juga kondisi tertentu yang membuat anak tidak doyan makan. Saat anak sedang sakit, sedang mengonsumsi obat tertentu, mengalami konstipasi, atai mengalami gangguan psikologis, biasanya ia tidak memiliki nafsu makan. Bila perlu konsultasikan ke dokter untuk memastikan si kecil mendapat asupan gizi dan nutrisi  yang cukup.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓