6 Tips Melakukan Perjalanan Jauh Bersama Anak

Gayuh Tri Pinjungwati03 Jul 2020, 20:15 WIB
Perjalanan bersama anak

Fimela.com, Jakarta Melalukan perjalanan jauh bersama dengan anak mungkin akan menjadi sebuah hal yang menyenangkan sekaligus melelahkan. Perjalanan panjang bersama anak tidak harus menjadi mimpi buruk bagi setiap orang tua. Perjalanan darat yang dilakukan bersama dengan anak adalah hal yang lebih menyenangkan dan jauh lebih baik daripada perjalanan udara. Cobalah untuk mengikuti beberapa tips berikut untuk melakukan perjalanan bersama anak.

Periksa Kendaraan Sebelum Melakukan Perjalanan

Mom akan menghabiskan banyak waktu di mobil selama perjalanan. Jadi sangat masuk akal jika memeriksa terlebih dahulu kondisi kendaraan sebelum perjalanan berlangsung. Pastikan semua aman untuk menghindari kerusakan selama perjalanan yang mungkin akan membuat si kecil rewel. Jika merasa mobil pribadi tidak mampu untuk digunakan perjalanan jauh, sebaiknya pertimbangkan untuk menyewa kendaraan.

Jangan Biarkan Anak Sendirian di Mobil

Sejumlah keadaan dapat menyebabkan orang tua tergoda untuk meninggalkan sebentar anak di dalam mobil. Meskipun hanya sebentar, bawalah anak keluar dari mobil, agar tetap aman. Bila perlu ajaklah anak untuk istirahat darurat untuk pergi ke toilet atau beristirahat di rest area yang tersedia.

Gunakan Kursi Mobil untuk Balita

Sama pentingnya untuk memastikan kursi mobil anak tetap aman dan memeriksa mobil. Pastikan untuk memeriksa tempat duduk di kecil dalam kondisi yang baik dan terpasang dengan benar. Buatlah anak duduk senyaman mungkin agar mereka tidak merasa kelelahan selama perjalanan. Ini juga menghindari rewel karena mungkin anak merasa tidak nyaman.

Bawalah Kotak P3K

Mudik Pakai Mobil, Wajib Sedia Kotak P3K
Obat-obatan yang tersedia dalam kotak P3K dapat mengatasi peristiwa darurat yang dialami pengemudi maupun penumpang.

Ketika hendak melakukan perjalanan panjang bersama anak, ada baiknya untuk tetap membawa kotak P3K. Jika si kecil mengalami reaksi alergi, gigitan serangga, atau gejala sakit lainnya Mom dapat menyediakan beberapa obat-obatan untuk si kecil.

Bawalah Mainan

Prioritas utama orang tua selama melakukan perjalanan bersama anak adalah membuat anak merasa senang dan terhibur. Bawalah mainan untuk si kecil atau juga mungkin makanan ringan yang mudah dinikmati oleh si kecil. Semakin banyak yang mereka lakukan sendiri, semakin aman dan menyenangkan perjalanan.

Jangan Panik Ketika Anak Menangis

Ketika anak mulai lelah dan menangis, hal terbaik yang harus dilakukan adalah berhenti sejenak dari perjalanan. Jika tidak menemukan tempat peristirahatan sebaiknya cobalah untuk menepi dan ajak anak keluar dari kendaraan untuk mendapatkan udara segar dari luar mobil.

Banyak hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan perjalanan bersama si kecil. Semua perlu dipersiapkan dan buatlah perjalanan anak terasa menyenangkan dengan menyediakan beberapa makanan, minuman dan mainan yang bisa mereka nikmati selama perjalanan.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓