8 Manfaat Menjadi Ibu Rumah Tangga yang Menghabiskan Waktu di Rumah

Gayuh Tri Pinjungwati06 Jul 2020, 16:15 WIB
Ibu rumah tangga

Fimela.com, Jakarta Meskipun menjadi ibu yang tinggal di rumah, mungkin akan membatasi dalam hal-hal tertentu. Meskipun menjadi ibu rumah tangga yang harus menghabiskan waktu di rumah, ini juga memberikan beberapa manfaat yang sangat menarik. Berikut ini adalah beberapa hal yang menarik yang dapat dilakukan Mom di rumah bersama anak-anak.

Memiliki Banyak Waktu

Mom memiliki kebebasan menyusun kegiatan sehari-hari sesuai keinginan. Ini mungkin akan membuat para ibu rumah tangga mengebas banyak tugas dalam sehari dan menghabiskan sebagian besar hari lain dengan bersantai. Sementara wanita karier mungkin akan mencari waktu untuk melakukan beberapa tugas rumah lainnya.

Terlibat dalam Perkembangan Anak

Menjadi Mom yang tinggal di rumah berarti menjadi garis depan dalam perkembangan anak dan memiliki banyak peluang untuk membentuk cara mereka untuk tumbuh. Orang tua dengan jadwal kerja yang sibuk sering mengeluh bahwa mereka kehilangan tonggak perkembangan atau merasa bahwa anak-anak mereka lebih dipengaruhi oleh nilai-nilai yang diajarkan oleh guru mereka.

Masih dapat Memiliki Penghasilan

Para ibu rumah tangga yang tinggal di rumah tidak harus berhenti bekerja dan banyak dari mereka memilih menjadi wiraswasta. Lebih lanjut, wiraswasta dapat menghasilkan lebih banyak penghasilan daripada mereka yang mengejar jenis pekerjaan yang mewajibkan mereka bekerja di luar rumah. Hal ini yang membuat Mom yang tinggal di rumah memiliki kemungkinan menikmati kehidupan salam mengasuh anak dan mencari pendapatan tambahan.

Lebih Dekat dengan Anak

ibu rumah tangga bekerja
Bisa tetap berkarya saat menjadi ibu rumah tangga./Copyright shutterstock.com/g/Makistock

Menghabiskan lebih banyak waktu di sekitar anak-anak dan memainkan peran yang lebih besar dalam pertumbuhan pribadi anak dapat memengaruhi Mom untuk membentuk ikatan yang lebih dalam dan bermakna bersama anak. Sebagian besar orang tua yang bekerja di luar rumah mengungkapkan ketakutannya bahwa anak mereka tidak akan mengenal tentang orang tuanya dan kekhawatiran ini mungkin masuk akal mengingat waktu dan energi yang terkuras oleh sebagian besar pekerjaan.

Menggunakan Pakaian Sesuka Hati

Alih-alih mengenakan seragam yang tidak nyaman atau terperangkap dalam pakaian formal setiap hari, peran Mom sebagai ibu yang tinggal di rumah memberikan kesempatan untuk mengenakan pakaian yang paling nyaman dan fungsional.

Anak-anak Memiliki Kualitas Hidup yang Lebih Baik

Ketika orang tua sering menghabiskan waktu bersama anak di rumah, akan membuat anak mendapatkan perawatan tentang perasaan stres dan kecemasan daripada anak-anak yang menghabiskan banyak waktu mereka pada penitipan anak. Banyak waktu yang mereka habiskan di penitipan anak pada siang hari ketika orang tua bekerja, dapat memengaruhi perilaku anak ketika mereka mencapai usia remaja.

Memiliki Banyak Waktu untuk Diri Sendiri

orang baik
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Happy Together

Ketika anak-anak sekolah, Mom dapat menghabiskan waktu untuk diri sendiri, misalnya seperti mengerjakan hobi, membaca dengan tenang dan berhenti sejenak untuk merefleksikan diri. Ini mungkin akan lebih jarang dilakukan bagi sebagian besar orang tua yang menghabiskan waktu untuk bekerja di luar rumah.

Memiliki Banyak Energi

Menjadi ibu rumah tangga yang tinggal di rumah bisa mengurangi kelelahan fisik dan emosi. Ketika Mom  memiliki lebih banyak energi, lebih mudah untuk menjadi orang yang positif dan mempertahankan hubungan yang baik dengan orang tercinta.

Menjadi ibu rumah tangga yang tinggal di rumah dapat menjadi pengalaman yang sangat berharga. Hal ini juga dapar memengaruhi perkembangan anak serta menjaga keharmonisan rumah tangga.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓