4 Cara untuk Mencegah Overheating yang Berlebihan Selama Kehamilan

Gayuh Tri Pinjungwati12 Jul 2020, 14:15 WIB
ibu hamil minum

Fimela.com, Jakarta Sebagian besar perempuan hamil akan merasakan suhu dalam tubuh meningkat. Meski demikian, penting untuk memperhatikan bagaimana perasaan Mom. Suhu tubuh yang terlalu panas saat hamil bisa menjadi masalah besar, terlebih jika peningkatan suhu dalam tubuh ini berlangsung lama. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mencegah overheating atau peningkatan suhu tubuh selama kehamilan.

Tetap Terhidrasi

Setiap orang harus lebih banyak mengonsumsi air, tak terkecuali untuk perempuan hamil agar tubuh tetap terhidrasi. Air tidak hanya membuat tubuh menjadi lebih dingin, tetapi juga membantu mengurangi gejala bengkak pada kaki dan tangan selama kehamilan. Cobalah untuk membawa air ke mana pun pergi, terutama jika bepergian.

Bila perlu kurangi kafein saat memenuhi kebutuhan air. Selain berdampak pada bayi, kafein juga meningkatkan tekanan darah dan suhu tubuh. Hal ini juga dapat menyebabkan dehidrasi, terutama jika Mom mengonsumsi minuman bersoda atau beralkohol.

Kenakan Pakaian Longgar

Kehamilan
Ibu hamil | Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Saat ingin memilih pakaian hamil, pilihlah pakaian yang ringan dan longgar. Kenakan pakaian dengan bahan alami seperti katun dan dapat menyerap keringat dengan baik. Perhatikan warna saat memilih pakaian. Warna hitam cenderung menyerap sinar matahari dan membuat Mom merasa lebih hangat saat berada di luar ruangan. Sementara pakaian berwarna terang dapat memantulkan sinar mata hari dan tidak dapat menyerap panas berlebihan.

Konsumsi Makanan Sehat

Buah-buahan dan sayuran yang mengandung banyak air, juga dapat membantu tubuh tetap terhidrasi. Beberapa pilihan buah terbaik termasuk melon, beri, mentimun, dan jeruk. Bahkan selada mentah, seledri, dan wortel dapat membantu Mom merasa lebih rileks dan tenang. Cobalah untuk membuat smoothie dengan beberapa kombinasi buah dan sayur di atas dan tambahkan sedikit yogurt untuk menambah rasa.

Cari Cara Lain

Jika tinggal atau berkunjung pada daerah dengan iklim panas, pastikan mengambil tindakan pencegahan lainnya. Tetap hindari terik matahari untuk membantu tubuh tidak mengalami kenaikan suhu yang berlebihan. Jika memang harus menghabiskan kegiatan di luar ruangan, ada baiknya untuk mencari tempat yang teduh. Jika memang benar-benar tidak tahan dengan kondisi suhu tubuh yang berlebihan gunakan kipas angin atau AC saat suhu tubuh mulai meningkat.

Peningkatan suhu tubuh selama kehamilan adalah hal yang umum terjadi bagi setiap perempuan hamil. Tetap terhidrasi adalah kunci utama bagi Mom untuk tetap memiliki suhu tubuh yang stabil. Mengurangi beberapa jenis kegiatan yang dapat menyebabkan kenaikan suhu tubuh mungkin juga dapat dilakukan untuk mengurangi peningkatan suhu tubuh.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓