Serba-serbi Perawatan Kulit yang Aman untuk Ibu Hamil

Meita Fajriana06 Jul 2020, 19:30 WIB
ibu hamil

Fimela.com, Jakarta Selama kehamilan, para perempuan tentunya melakukan yang terbaik untuk calon anak mereka. Termasuk dalam memilih produk skincare dan perawatan kecantikan yang aman untuk ibu hamil. Banyak pertanyaan yang ada pada pikiran ibu hamil, apakah treatment atau produk tertentu bisa mereka gunakan.

Mulai dari strechmark hingga jerawat adalah permasalahan kulit utama yang dialami ibu hamil. Lantas bagaimana cara aman untuk mengatasinya?

Untuk menjawab kegelisahan para ibu hamil, dan membuat kamu tetap memiliki kulit cantik terawat meski sedang mengandung, Fimela merangkum beberapa perawatan kecantikan yang aman dan harus dihindari untuk ibu hamil. Berikut penjelasannya yang dilansir dari situs Parents, Senin (6/7/2020).

1. Menghilangkan jerawat

Selama kehamilan, kamu harus menghindari retinoid, atau turunan vitamin A, seperti Retin-A atau Renova, serta salisilat, termasuk produk yang mengandung asam salisilat yang juga dikenal sebagai asam beta-hidroksi. Ini semua dapat menyebabkan potensi kerusakan pada bayi yang sedang berkembang. Sebagai gantinya, cari produk yang mengandung asam laktat atau asam glikolat.

2. Facial saat hamil

Facial di salon bisa menjadi solusi saat kamu berurusan dengan masalah kulit yang bisa menggunakan TLC ekstra. Tapi sebelum reservasi, pastikan kamu tahu perawatan mana yang aman bagi kehamilan. Produk facial yang mengandung asam glikolat atau beta-hidroksi seperti asam salisilat tidak disarankan. Sebaliknya, mintalah produk yang mengandung asam laktat atau asam alfa-hidroksi yang aman bagi ibu hamil.

3. Beralih ke produk organik

Ibu hamil
Intip perawatan kulit apa saja yang aman digunakan oleh ibu hamil. | Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Menurut pakar jika produk konvensional bisa berfungsi dan tidak memiliki efek samping tidak ada alasan untuk beralih. Namun jika kamu merasa lebih aman menggunakan produk organik, kenali bahan-bahan yang terkandung lebih dahulu. Jauhi produk yang mengandung retinol, vitamin A, atau asam salisilat, bahan-bahan ini diketahui menyebabkan cacat lahir.

 

4. Pilih mineral makeup

Ibu Hamil
Intip perawatan kulit apa saja yang aman digunakan oleh ibu hamil/ copyright shutterstock

Saat hamil kulit bisa saja bereaksi secara tidak terduga. Mineral makeup menjadi pilihan riasan yang aman digunakan selama kehamilan. Hal ini karena mineral makeup tidak mengandung bahan yang dapat mengiritasi kulit, seperti pewangi atau pengawet. Mineral makeup juga mengandung titanium dan seng, yang bertindak sebagai SPF alami untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓