4 Cara Mengajarkan Anak Agar Lebih Mandiri

Meita Fajriana07 Jul 2020, 14:00 WIB
Mengajarkan anak lebih mandiri

Fimela.com, Jakarta Ada saatnya orangtua memberikan kesempatan kepada sang anak untuk belajar mandiri. Bukan berarti tidak peduli, namun mengajarkan kemandirian membuat si kecil lebih percaya diri dan memiliki masa depan yang lebih baik.

Belajar mandiri juga baik untuk perkembangan si kecil karena mereka bisa bertanggung jawab pada diri sendiri dan menjadi lebih disiplin. Lantas bagaimana cara mengajarkan anak menjadi lebih mandiri? Berikut penjelasannya seperti yang dirangkum Fimela dari TodayParent, Selasa (7/7/2020).

1. Beri pemberitahuan

Beri tahu si kecil bahwa kini sudah saatnya mereka melakukan beberapa hal sendiri. Orangtua bisa mengungkapkan bahwa bukan anak kecil lagi, sehingga sudah siap melakukan pekerjaan orang dewasa. Berikan pengertian dan alasan yang mudah dimengerti sehingga mereka semangat untuk mengerjakannya. Seperti memulai untuk belajar ke kamar mandi sendiri, membereskan mainan, hingga mecuci piring mereka sehabis makan.

2. Buat daftar pekerjaan yang bisa dilakukan anak sendiri

Buatlah daftar hal-hal yang bisa dia lakukan si kecil sendiri. Orangtua bisa menuliskan menyikat gigi, menyusun buku sesuai jadwal pelajaran, hingga memakai sepatu sendiri. Tanyakan padanya tugas mana yang menurutnya cukup berat untuk dia jalani lakukan evaluasi.

 

3. Tentukan prioritas

Mengajarkan anak lebih mandiri
Orangtua lakukan empat cara berikut agar anak cepat mandiri/ copyright shutterstock.com

Berikan tugas kepada si kecil untuk menyelesaikannya. Beri waktu yang cukup dan tidak memberikan tugas yang banyak sekaligus sehingga membuat mereka kewalahan mengerjakannya. Tambah tugas baru ketika mereka sudah bisa melakukan satu hal secara mandiri.

 

4. Persiapkan waktu lebih lama

Mengajarkan anak lebih mandiri
Orangtua lakukan empat cara berikut agar anak cepat mandiri/ copyright By Casezy idea from Shutterstock

Karena belajar melakukan pekerjaan sendiri bukanlah hal yang mudah untuk si kecil orangtua bisa menyiapkan waktu lebih. Misalnya ketika akan mengajarkannya menyikat gigi sendiri, tambahkan waktu dari sebelumnya. Jika menyikat gigi bersama kamu anak menghabiskan waktu 10 menit, kini sediakan tambahan waktu 10 menit lagi ketika mereka menyikat gigi sendiri. Hal ini agar orangtua tidak terburu-buru, karena anak membutuhkan waktu lebih ketika belajar mandiri.

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓