6 Jenis Makanan yang Baik untuk Pertumbuhan Anak

Gayuh Tri Pinjungwati08 Jul 2020, 08:45 WIB
anak

Fimela.com, Jakarta Terkadang sebagian orang tua tidak ingin membiasakan diri memaksa anak-anak mengonsumsi makanan yang tidak mereka sukai. Namun, ada sebagian makanan sehat yang mungkin akan disukai oleh anak-anak. Sebagian besar makanan memengaruhi tumbuh kembang anak. Semakin banyak nutrisi dan gizi yang terkandung dalam makanan yang dikonsumsinya, maka akan semakin baik pula tumbuh kembang anak. Berikut ini adalah beberapa makanan yang sangat baik dikosumsi oleh anak-anak.

Susu

Seringkali seperti balita dan anak-anak prasekolah tidak dapat menikmati ASI, tetapi seiring bertambahnya usia, banyak anak-anak mulai minum susu lebih sedikit. Ini mungkin bukan karena tidak menyukai susu, tetapi karena begitu banyak minuman lain, termasuk jus buah yang tersedia di rumah. Susu adalah sumber kalsium, vitamin D dan protein yang baik untuk anak-anak dan salah satu asupan yang baik untuk anak-anak masa petumbuhan.

Apel

Seperti kebanyakan buah-buahan lainnya, apel mengandung air, pemanis alami, vitamin C, rendah kalori dan memiliki sekitar 5 gram serat untuk apel utuh yang belum dikupas. Namun, sebagian besar orang tua akan memberikan anak apel dengan mengupas kulitnya terlebih dahulu. Mengupas apel membuatnya kehilangan sekitar setengah seratnya. Sedangkan jus apel juga jauh lebih rendah serat daripada apel utuh yang memiliki banyak kalori dan gula alami.

Selai Kacang

Sebagian besar orang tua menghindari selai kacang karena khawatir tentang alergi makanan. Selai kacang relatif tinggi lemak, tetapi sebagian besar lemak tak jenuh jauh lebih baik daripada lemak jenuh yang ditemukan di banyak makanan berlemak tinggi lainnya. Selai kacang mengandung vitamin A, zat besi, vitamin E, vitamin B6, asam folat, magnesium, seng, dan tembaga. Selain itu juga mengandung protein yang baik.

Yogurt

anak minum susu
ilustrasi anak minum susu/By milatas from Shutterstock

Yogurt adalah makanan sehat untuk anak-anak, terutama untuk anak-anak yang tidak suka minum banyak susu, karena yogurt adalah sumber kalsium yang baik. Namun beberapa jenis yogurt dengan pemanis tambahan dan tanpa probiotik tambah, maka anak akan kehilangan beberapa manfaat nutrisi dari yogurt.

Ikan Tuna

Ikan bisa menjadi makanan yang menyehatkan kecuali anak-anak hanya makan ikan yang dimasak dengan cara digoreng. Ikan tuna menjadi makanan sehat yang sangat disukai anak-anak. Namun, tetap perhatikan porsi yang perlu dikonsumsi oleh anak.

Sayuran

Tentu saja, sayuran masuk dalam daftar makanan terbaik untuk anak-anak. Tetapi jangan paksa anak dengan keras untuk mengonsumsi sayur. Cobalah untuk membuat menu yang mungkin disukai anak-anak dengan bahan dasar sayur. Atau para orang tua juga dapat memilih sayuran yang memiliki rasa manis seperti jagung, wortel, kacang polong atau kentang.

Tentunya masih banyak lagi beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi untuk anak. Pastikan anak mendapatkan nutrisi seimbang yang penting untuk perumbuhannya.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓