4 Cara Me-time Seorang Ibu Ketika di Rumah Saja

Anisha Saktian Putri14 Jul 2020, 16:30 WIB
Diperbarui 14 Jul 2020, 16:30 WIB
me time untuk ibu

Fimela.com, Jakarta Walau sudah memberlakukan kebiasaan hidup baru, namun tetap tinggal di rumah menjadi pilihan yang tepat di tengah situasi pandemi Covid-19. Tentu waktu bersama keluarga pun semakin banyak, tidak seperti sebelumnya

Meski mensyukuri bisa meluangkan begitu banyak waktu dengan keluarga terutama si kecil di rumah, namun kesibukan si kecil belajar dari rumah juga menambah kesibukan para ibu, karena selain mengurus rumah dan work from home, ibu kembali perlu mengawasi kegiatan belajar si kecil, termasuk membuatnya tetap giat dan semangat selama belum boleh keluar rumah untuk bermain dengan teman-temannya.

Bahkan, waktu 24 jam kadang terasa kurang untuk menyelesaikan semua pekerjaan di rumah, work from home, menemani anak belajar dan masih banyak lagi. Hal ini bisa saja membuat ibu lupa untuk meluangkan waktu berharga bagi diri sendiri. 

Padahal, tidak ada salahnya ke suatu ruangan untuk menikmati sedikit me-time yang telah terbukti bisa membuat kita lebih bersemangat dan segar kembali. Me time juga dapat membuat ibu terhindar dari rasa lelah dan stres.

Nah, walau di rumah saja ibu masih bisa me time lho. Berikut beberapa kegiatan yang dapat dilakukan para moms di sela-sela kesibukan sehari-hari di rumah, dirangkum dari siaran pers Greenfields.

1. 15-minutes Yoga

yoga-kezo
ilustrasi yoga/unsplash/zenbear

Selain baik untuk kesehatan fisik, yoga juga baik untuk kesehatan mental. Yoga meningkatkan kesadaran tubuh, mengurangi stres, menenangkan saraf dan membantu untuk tidur lebih nyenyak. Kini sudah banyak olahraga yang disiarkan secara langsung, maka tak ada salahnya untuk dimanfaatkan untuk melihat gerakan-gerakan yoga.

2. Membaca buku

Membaca buku adalah cara terbaik untuk menenangkan diri, bahkan lebih baik dari berjalan dan mendengarkan musik. Hanya dengan membaca selama 6 menit, ibu sudah bisa merasa lebih tenang dan rileks.

3. Perawatan tubuh

Selama me time, manjakan diri dengan mandi busa menggunakan sabun dengan aroma yang wangi dan menenangkan. Lakukan manicure di rumah agar kuku terlihat lebih cantik dan gunakan masker wajah untuk membuat kulit lebih segar.

4. Memasak

Chiken & Ricotta Dumpling Soup/dok. Greenfields
Chiken & Ricotta Dumpling Soup/dok. Greenfields

Memasak adalah aktivitas yang sangat menenangkan dan merupakan cara untuk mengurangi stress, bahkan sebuah wujud terapi. Memasak adalah aktivitas yang memberikan rasa kepuasan dan pencapaian serta dapat membuat orang lain merasa senang.

Selain itu, memasak hidangan-hidangan yang sehat juga dapat meningkatkan hormon serotonin yang membuat kita merasa senang.

Berikut beberapa resep praktis untuk para moms yang bisa dicoba:

Chicken and Ricotta Dumpling Soup

Bahan:

225 gr ayam cincang

188 gr Greenfields Ricotta Cheese

80 gr keju parmesan parut

1 butir Telur

20 gr bawang putih cincang

Kaldu ayam 1 liter

375 ml air

200gr wortel.

Kupas dan parut.½ sendok teh daun thyme

300 gr kacang hijau

2 sendok makan cuka anggur putih

Garam dan merica untuk membumbui

Cara memasak:

Dalam mangkuk sedang, campur ayam cincang, Greenfieds Ricotta Cheese, keju parmesan, telur, dan bawang putih cincang yang masih dingin. Dengan menggunakan panci sedang, campurkan kaldu ayam dan air dengan wortel, dan thyme. Tutup panci dan didihkan.

Buat campuran daging menjadi bakso dan masak dalam kaldu. Aduk perlahan selama sekitar 5 menit. Tambahkan kacang sampai bakso dan sayuran matang dengan baik. Tambahkan cuka anggur putih dan sesuaikan bumbu dengan garam dan merica. Sajikan saat panas.

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓