Makanan Sehat yang Bisa Dikonsumsi Setelah Melahirkan

Kezia Prasetya Christvidya13 Jul 2020, 09:35 WIB
makanan-kezo

Fimela.com, Jakarta Setelah melahirkan, seorang ibu harus mengonsumsi makanan sehat. Hal ini penting untuk membantu proses pemulihan setelah melahirkan. Selain itu, mengonsumsi makanan sehat juga bisa membantu ibu, untuk merawat dan menyusui bayi agar bayi juga sehat.

Seorang ibu yang telah melahirkan, memerlukan kalori yang lebih banyak daripada biasanya. Sekitar kurang lebih 2.300 hingga 2.500 kalori. Makanan sehat yang dikonsumsi harus mengandung protein, karbohidrat, lemak dan vitamin serta mineral.

Berikut makanan sehat yang bisa dikonsumsi, seorang ibu setelah melahirkan, dilansir dari berbagai sumber:

Telur

ilustrasi makanan sehat untuk ibu setelah melahirkan/unsplash
ilustrasi makanan sehat untuk ibu setelah melahirkan/unsplash

Setelah melahirkan, seorang ibu harus mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan protein seperti telur. Telur adalah sumber protein dan lemak sehat, yang memiiliki kandungan omega-3, dan bisa membantu ibu tetap sehat setelah melahirkan.

Telur sangat mudah diperoleh, bisa dibeli dengan harga yang murah, dan bisa diolah menjadi masakan yang enak. Kandungan nutrisi yang terdapat pada telur, bisa membantu proses pemulihan setelah melahirkan, melancarkan produksi ASI, dan menurunkan risiko depresi setelah melahirkan.

Sayuran Hijau

 

Makanan sehat yang bisa dikonsumsi setelah melahirkan, yaitu sayuran yang berwarna hijau, karena memiliki kandungan nutrisi yang lengkap. Sayuran hijau memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, kalsium dan zat besi serta antioksidan.

Sayuran hijau juga baik dikonsumsi, karena memiliki kandungan serat, yang bisa membantu melancarkan sistem pencernaan. Jenis sayuran hijau yang bisa dicoba seperti bayam, brokoli, sawi dan kubis.

Jeruk

Mengonsumsi buah jeruk, karena memiliki kandungan vitaamin C yang baik untuk kesehatan ibu. Selama menyusui harus banyak mengonsumsi vitamin C, karena bisa membantu melancarkan produksi ASI. Selain itu, buah jeruk juga memiliki kandungan antioksidan, yang bisa membantu menjaga dan meningkatkan sistem daya tahan tubuh.

Kurma

ilustrasi makanan sehat untuk ibu setelah melahirkan/pixabay
ilustrasi makanan sehat untuk ibu setelah melahirkan/pixabay

Makanan sehat yang bisa dikonsumsi ibu setelah melahirkan, yaitu buah kurma, karena memiliki kandungan nutrisi yang banyak. Kurma memiliki kandungan nutrisi seperti kalium, fosfor, magnesium dan zat besi.

Kandungan yang terdapat di dalam kurma tersebut, dipercaya bisa membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan membantu mencegah kanker. Selain itu, kurma bisa membantu mencegah anemia, karena kehilangan darah setelah melahirkan.

Kacang-Kacangan

Makanan sehat yang bisa dikonsumsi ibu setelah melahirkan yang terakhir, yaitu kacang-kacangan, karena kandungan nutrisinya sangat banyak. Kacang tanah dan kacang kedelai, memiliki kandungan protein, vitamin K, vitamin B dan zat besi.

Selain itu memiliki kandungan kalsium dan zinc, yang bisa membantu menambah energi pada ibu setelah melahirkan, dan melancarkan produksi ASI.

Makanan yang sehat sangat penting bagi ibu setelah melahirkan agar energinya segera pulih. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Lanjutkan Membaca ↓