6 Tips untuk Mendorong Anak Memiliki Hubungan Baik dengan Saudara Kandung

Gayuh Tri Pinjungwati13 Jul 2020, 13:35 WIB
saudara kandung

Fimela.com, Jakarta Orang tua dapat memainkan peran penting dalam membantu memelihara hubungan saudara yang baik dan mengurangi pertengkaran dan konflik saudara. Dengan memupuk kegiatan yang memupuk kerja tim, mengatur anak-anak untuk bersenang-senang dan memberi anak alat untuk mengatasi konflik dengan cara yang membangun dan penuh hormat. Orang tua dapat membantu anak mengembangkan hubungan yang baik yang akan membawa mereka melalui sisi hidup mereka. Penelitian telah menunjukkan bahwa hubungan saudara sering memainkan peran penting dalam bagaimana kita akan berinteraksi dalam hubungan lain dengan teman, pasangan, dan orang lain. Berikut ini adalah beberapa cara untuk meningkatkan hubungan dengan saudara kandung.

Jangan Membandingkan Anak Satu Sama Lain

Cobalah untuk tidak mengatakan hal yang membandingkan anak dengan saudara lainnya. Membandingkan anak satu dengan yang lainnya adalah cara yang pasti akan munculnya persaingan saudara kandung dan membangun kebencian.

Mencari Tahu Konflik

Apakah anak-anak cenderung bertengkar ketika salah satu mendapatkan perhatian yang lain? Setelah mencoba melihat pola yang mungkin menjelaskan perilaku ini, cobalah untuk mengatasi masalah tersebut untuk meminimalkan pertengkaran saudara kandung. Misalnya, Mom dapat mencoba menghabiskan waktu bersama anak satu per satu untuk mencoba membantu anak menemukan cara-cara yang lebih baik dan tidak berusuhan untuk mendapatkan perhatian.

Ajari Mereka untuk Menghargai Perbedaan

Ketika anak memiliki perbedaan minat yang sangat berbeda, konflik dapat terjadi secara alami. Yang penting adalah mengajari anak-anak bagaimana menghargai perbedaan itu. Jadi seorang anak ingin memilih kegiatan keluarga yang melibatkan banyak kegiatan, sementara anak yang lain ingin melakukan sesuatu yang tenang, para orang tua bisa membuat sistem di mana mereka dapat bekerja bersama untuk merencanakan cara bergiliran atau temukan minat bersama lainnya yang bisa menyenangkan bagi kedua saudara kandung.

Melakukan Sesuatu Bersama

saudara kandung
Ilustrasi/copyrightshutterstock/ANURAK PONGPATIMET

Salah satu cara perusahaan membangun kerja tim dan kerja sama di antara staf mereka adalah dengan membuat karyawan terlibat dalam latihan dan kegiatan yang mendorong kerja sama. Orang tua dapat melakukan sesuatu yang serupa dengan anak-anak mereka, baik dengan menyuruh anak-anak bekerja bersama dalam suatu pekerjaan rumah atau dengan membantu satu sama lain mengerjakan tugas. Munculkan kegiatan, seperti membersihkan rumah dan mintalah anak-anak bekerja sama untuk menyelesaikannya.

Dorong Keterampilan Mendengarkan

Kemampuan untuk benar-benar mendengarkan apa yang dikatakan seseorang adalah keterampilan penting untuk anak-anak kembangkan dan keterampilan yang membantu mereka belajar berempati dengan orang lain dan melihat sesuatu dari sudut pandang orang lain. Buatlah suatu titik agar saudara kandung mendengarkan dan berusaha sangat keras untuk memahami pendapat dan pemikiran masing-masing.

Bersenang-senang Bersama

Keluarga yang bersenang-senang bersama kemungkinan kecil akan mengalami konflik. Cobalah untuk memilih permainan dan kegiatan yang dapat dinikmati oleh seluruh keluarga, seperti mengendari sepeda atau menonton film baru yang bagus untuk anak-anak.

Nah, berikut tadi beberapa cara untuk membuat hubungan antara saudara kandung tetap baik-baik saja dan harmonis. Para orang tua dapat mengajarkan anak untuk membangun hubungan antar saudara yang harmonis sejak dini.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓