Tips Mengurangi Sakit Punggung Bagi Ibu Hamil

Ayu Puji Lestari15 Jul 2020, 10:15 WIB
ibu hamil nyeri bahu

Fimela.com, Jakarta Masa kehamilan adalah momen yang paling menyenangkan. Momen menunggu kelahiran si kecil, menjadi waktu yang tak tergantikan. 9 bulan dengan sabar menanti, membuat ibu dan si kecil menjadi sangat dekat.

Saat hamil kadang timbul beberapa masalah dan kendala, salah satunya adalah punggung yang sakit. Perut yang semakin membesar membuat ibu hamil merasa tidak nyaman. Bahkan mengakibatkan punggung sakit.

Nah, jika kamu merasakan hal demikian tidak perlu khawatir. Punggung sakit saat hamil adalah hal yang wajar. Berikut adalah tips untuk mengurangi punggung sakit saat hamil.

Hindari Berdiri Terlalu Lama

Hamil membuatmu harus membawa beban yang berat setiap saat. Agar punggung tidak mudah sakit, sebaiknya hindari berdiri terlalu lama. Jika terpaksa, pastikan memakai alas kaki yang nyaman agar tidak mudah lelah.

Perhatikan Kursi yang Digunakan

Kehamilan
Ibu hamil | Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Jika saat hamil kamu diwajibkan untuk duduk dalam waktu yang lama, pastikan kursi yang digunakan nyaman. Pilih kursi yang memiliki sandaran dan cukup nyaman untukmu.

Perbanyak Istirahat

Saat hamil mungkin kamu akan mudah terasa lelah, jadi pastikan untuk perbanyak istirahat. Pada saat berbaring, angkat kaku hingga lebih tinggi dari kepala. Hal ini membantu peredaran darah lebih lancar. Selain itu juga dapat mengurangi rasa sakit pada punggung.

Hindari Mengangkat Barang yang Terlalu Berat

Masa kehamilan memang momen menyenangkan dan membuatmu ingin terus aktif. Agar punggung tidak sakit, sebaiknya hindari untuk mengangkat barang yang terlalu berat. Jangan ragu untuk meminta bantuan jika memang diperlukan.

Nah, demikian tips untuk menghindari sakit punggung saat hamil. Semoga informasi ini bermanfaat. Selamat mencoba dan semoga kehamilanmu lancar.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓