5 Cara Mengatasi Kecemburuan Anak Terhadap Saudara Barunya

Gayuh Tri Pinjungwati15 Jul 2020, 13:15 WIB
saudara kandung

Fimela.com, Jakarta Sebelum anak kedua terlahir, Mom mungkin akan memberi tahu anak pertama bahwa dia akan segera memiliki adik. Mungkin Mom juga akan berbagi kasih sayang dan perhatian kepada anak-anak terlebih kepada si kecil yang baru lahir. Tak jarang, anak yang akan memiliki seorang adik akan merasa cemburu, berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi kecemburuan anak terhadap saudara kandungnya yang baru lahir.

Menjelaskan Kepada Anak

Untuk menghindari kecemburuan anak terhadap bayi yang baru lahir perlu dilakukan para orang tua. Untuk mengajarkan anak yang lebih besar cara berinteraksi dengan saudara barunya dengan cara yang benar. Mom bisa mengajarkan anak cara bermain dengan bayi dengan cara yang sama seperti mengajarinya hal lain. Bicaralah dengannya, tunjukkan, dan bimbing anak saat bermain bersama anak.

Mengarahkan Anak

Setiap kali anak bersama dengan si kecil, untuk tetap bersikap baik. Jika melihat anak akan menjadi kasar kepada saudara barunya, segera ambil bayi tersebut dan alihkan perhatian kakaknya dengan lagu, mainan, kegiatan atau camilan. Tindakan ini untuk melindungi bayi dan membantu menghindari anak dari perilauku agresif.

Ajarkan Sentuhan Lembut

Ibu dan anak
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Hananeko_Studio

Ajarkan kakak yang lebih tua cara memberi sentuhan kepada si kecil. Katakan bagaimana sentuhan semacam ini akan menenangkan bayi dan pujilah anak yang lebih tua untuk pekerjaan yang dilakukan dengan baik. Pelajaran ini, mengajarkan anak bagaimana bersikap kepada bayi secara positif.

Memuji

Setiap kali melihat anak yang lebih tua menyentuh bayi dengan lembut, berikan komentar positif. Peluk dan cium anak yang lebih besar dan katakan padanya betapa bangganya Mom kepadanya. Perhatian yang sama kepada anak yang lebih besar, dan jangan membandingkan dirinya dengan si kecil yang baru lahir.

Libatkan Anak dalam Mengurus Bayi

Ajari anak yang lebih tua bagaimana membantu bayi atau bagaimana menghibur bayi. Biarkan anak yang lebih tua mencoba menenangkan bayi dengan menghiburnya misalnya seperti menyanyikan lagu atau mengambil foto si kecil menggunakan kamera. Ajari ia cara mengenakan kaus kaki bayi, berikan pujian dan dorong mereka jika memungkinkan untuk melakukan hal itu.

Berikut tadi beberapa cara untuk mengatasi kecemburuan anak terhadap saudaranya yang baru lahir. Mungkin sebagian besar anak merasa susah untuk menerima kehadiran saudara barunya, namun dengan beberapa cara di atas mungkin dapat membantu Mom untuk mengatasi kecemburuan. Yang terpenting adalah berikan perhatian dan kasih sayang yang sama terhadap mereka.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓